Berita Bekasi Nomor Satu

4 Data dan Fakta Profil Pj Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad yang Bakal Dilantik Pj Gubernur Jawa Barat, Dari Kabiro Hukum Kemendagri dan Pernah 3 Bulan Pjs Bupati Sukabumi

Raden Gani Muhammad saat menjabat Pjs Bupati Sukabumi, September-Desember 2020. Raden Gani Muhammad bakal menjadi Pj Wali Kota Bekasi dan dilantik pada Rabu (20/9/2023). Foto istimewa.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Nama Raden Gani Muhammad muncul dalam daftar pejabat yang bakal dilantik menjadi Pj Wali Kota Bekasi pada Rabu 20 September 2023 oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Nama Raden Gani Muhammad menyodok nama-nama yang sudah diusulkan DPRD Kota Bekasi dan Gubernur Jawa Barat untuk menjadi Pj Wali Kota Bekasi.

Raden Gani Muhammad akan menggantikan jabatan Wali Kota Bekasi sisa masa bakti periode 2018-2023 Tri Adhianto yang akan berakhir pada 20 September 2023.

BACA JUGA: Ini Nama Pj Wali Kota Bekasi yang Bakal Dilantik 20 September 2023

Sebelumnya, DPRD Kota Bekasi mengusulkan 3 nama; Makmur Marbun (Direktur Produk Hukum Daerah di Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri), Koswara Hanafi (Kadishub Pemprov Jawa Barat dan Kusnanto Saidi (Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid, Kota Bekasi)

Sementara 3 nama yang diusulkan Pemprov Jawa Barat untuk menjadi Pj Wali Kota Bekasi, yaitu Makmur Marbun (Direktur Produk Hukum Daerah di Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri), Koswara Hanafi (Kadishub Pemprov Jawa Barat dan Junaedi (Sekretaris Daerah Kota Bekasi).

Nama Raden Gani Muhammad diungkap Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Kamis (14/9/2023) malam kepada wartawan. Raden Gani Muhammad bersama 5 penjabat kepala daerah lain di Jawa Barat bakal dilantik pada Rabu 20 September 2023. Keputusan itu berdasarkan surat yang dikirim Kemendagri kepada Pj Gubernur Jawa Barat pada 11 Seprtember 2023.

BACA JUGA: Belum Dilantik, Nama Pj Wali Kota Bekasi Sudah Disebut Pj Gubernur, Begini Respons DPRD Kota Bekasi

Lantas, siapakah sosok R Gani Muhammad ini? Berikut profil Raden Gani Muhammad yang berhasil dihimpun Radarbekasi.id.

1. Kepala Biro Hukum Kemendagri      

Raden Gani Muhammad lahir pada tahun 1969. Saat ini tercatat sebagai pejabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan jabatan sebagai kepala Biro Hukum Kemendagri RI.

2.  Pjs Bupati Sukabumi Selama 3 Bulan

Raden Gani Muhammad pernah ditugaskan Kemendagri sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sukabumi selama 3 bulan, tepatnya 25 September 2020 hingga 5 Desember 2020. Jabatan itu diemban Gani Muhammad mempersiapkan Kabupaten Sukabumi melaksanakan Pemilukada Serentak pada 2020.

BACA JUGA: Ini 3 Nama Bakal Calon Pj Wali Kota Bekasi Usulan DPRD Kota Bekasi

Catatan Radarsukabumi.com (Group Radarbekasi.id), selama kepemimpinannya di Sukabumi, Gani pernah dihadapkan pada gelombang protes buruh dan mahasiswa yang menolak Omnibus Law, bentrok berdarah 2 ormas, hingga penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sukabumi.

3.   Sempat Dilantik Ridwan Kamil

Raden Gani Muhammad saat menjabat sebagai pjs Bupati Sukabumi dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 25 September 2020 di Sport Center Arcamanik, Bandung, Jawa Barat.

4. Ditolak Massa Aksi di Kemendagri

Nama Raden Gani Muhammad ditunjuk sebagai Pj Wali Kota Bekasi sudah sempat mengemuka ke publik sebelum Pj Gubernur Bey Machmudin mengumumkan pada Kamis (14/9/2023).

BACA JUGA: Profil Singkat Tiga Calon Pj Wali Kota Bekasi yang Diusulkan DPRD ke Mendagri

Massa aksi gabungan mengatasnamakan Komeback Masyarakat Bekasi Menggugat, yang terdiri dari Forum Komunikasi Intelektual Muda (Forkim), Ikatan Pemuda Bekasi (IPB), Himpunan Pemuda Nasional Indonesia, Parlemen Mahasiswa Bekasi (Permabes), Germasi, Titah Rakyat Kota Bekasi dan Gempur, menggelar protes ke kantor Kemendagri di Jakarta, Kamis (14/9/2023) siang.

Massa aksi menolak Raden Gani Muhammad sebagai Pj Wali Kota Bekasi dan memohon Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk Pj Wali Kota Bekasi yang memahami Kota Bekasi. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin