Berita Bekasi Nomor Satu

Presiden Jokowi Lantik Jenderal Agus Subiyanto, Sah Panglima TNI

Jenderal TNI Agus Subiyanto saat menjalani Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Jakarta, Senin (13/11/2023). (DERY RIDWANSAH)

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun, November 2023 ini.

Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 102 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Presiden Jokowi kemudian membacakan sumpah jabatan yang diikuti Jenderal Agus Subiyanto.

BACA JUGA: Tok! DPR Setuju Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI Gantikan Laksamana Yudo Margono

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Agus mengikuti ucapan Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” sambungnya.

Dengan pelantikan ini, Jenderal Agus Subiyanto resmi menggantikan Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI.

BACA JUGA: Jenderal Dudung Segera Pensiun, Bursa Calon KASAD Nama Maruli Simanjuntak Mencuat

Diketahui, Jenderal Agus Subiyanto merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1991. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Jabatannya sebagai KSAD terbilang singkat, hanya sekitar satu bulan.

Pada 31 Oktober 2023, Jenderal Agus Subiyanto dicalonkan oleh Presiden Joko Widodo untuk memegang jabatan Panglima TNI, menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa purna tugas.

Pencalonan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglim TNI yang diajukan Presiden Jokowidodo disahkan dalam Rapat Paripurna DPR pada 21 November 2023. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin