Berita Bekasi Nomor Satu

Nataru, Persediaan Bahan Pokok Aman

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bahan pokok dan harga jualnya jadi catatan penting pemerintah di akhir tahun. Persediaan bahan pokok diklaim aman. Selain itu, berbagai faktor perlu diperhatikan guna menjaga stabilitas harga mendekati hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Berdasarkan catatan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi, bahan pangan strategis tersedia lebih dari jumlah yang dibutuhkan. Kepala DKPPP, Herbert Panjaitan menyampaikan bahwa sejauh ini tidak ada kendala terkait dengan persediaan bahan pangan.

“Berhubung jalur distribusi dari daerah penghasil pangan berjalan lancar,” katanya.

Pihaknya terus memastikan persediaan pangan terpenuhi dengan cara melakukan pengecekan secara rutin di lapangan.

“DKP3 rutin melakukan pengecekan ketersediaan dan pengecekan kualitas keamanan konsumsi pangan,” tambahnya.

Sebelumnya, ketersediaan bahan pokok dan potensi pergerakan harganya jadi salah satu isu yang dibahas oleh Pj Wali Kota Bekasi dalam Rakor bersama seluruh OPD. Beberapa poin penting dalam hal ini diantaranya, memastikan akses bahan pangan dengan harga terjangkau lewat operasi pasar, serta bersinergi dengan daerah penghasil.

“Analisis potensi kenaikan harga pangan perlu diantisipasi, mengingat dari ketersediaan bahan pangan yang ada seperti cabai yang sewaktu-waktu harganya bisa melonjak naik,” ungkap Pj Wali Kota Bekasi. Raden Gani Muhammad belum lama ini.

Sekadar diketahui, laporan terkahir Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut beberapa komoditas memberi andil besar pada inflasi. Yakni cabai merah, cabai rawit, beras, bawang merah, hingga telur ayam ras. (sur)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin