Berita Bekasi Nomor Satu

400 Surat Suara DPR RI Rusak di Gudang Logistik KPU Kota Bekasi

Ilustrasi surat suara Pemilu 2024. Foto dok.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Hari keempat pelipatan surat suara di dua gudang logistik KPU Kota Bekasi, ditemukan ratusan surat suara DPR RI rusak.

Sedikitnya ada 400 lebih surat suara DPR RI yang kedapatan rusak disinyalir kerusakan terjadi sejak dari percetakan, seperti tercecer tinta dan nama caleg tidak jelas.

Ketua KPU Kota Bekasi Ali Syaifa membenarkan temuan ratusan surat suara untuk DPR RI yang rusak itu.

BACA JUGA: Pelipat Surat Suara di Gudang Logistik KPU Kota Bekasi Kepanasan, Pj Wali Kota Bekasi Bilang Begini

“Ya memasuki hari ke 4 ini pelipatan surat suara DPR RI. Hari pertama kurang lebih ada 300 surat suara yang rusak sebenarnya sih,” kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa kepada awak media, Kamis (11/1/2024).

Ali mengatakan, pihaknya masih melihat ratusan surat suara yang rusak itu akan disortir lagi. “Mungkin itu butuh ke hati-hati an dari petugas sortir,” ujarnya.

Ia mengaku, kerusakan di surat suara itu rusaknya sudah dari percetakan, seperti ada beberapa nama caleg yang tertimpa tinta sehingga tidak terbaca.

BACA JUGA: Segini Honor Lipat Surat Suara Pilpres, DPR dan DPD di Kota Bekasi

“Itu kan kita kategorikan reject. Yang rusak itu memang bawaan dari pabrik bukan saat sortir di gudang logistik. Kan itu namanya pencetakan massal, ada saja yang kurang sempurna. Nah itu yang kita pisahkan dan dikategorikan rusak,” terangnya.

Selain itu, untuk pengembalian surat suara yang rusak, klaim dia, setiap hari KPU Kota Bekasi selalu memberikan laporan ke pimpinan, jadi yang rusak itu sudah otomatis terdata.

“Kalau dilihat tiga hari kebelakang kurang lebih ada 400 surat suara DPR RI yang rusak. Kita langsung laporkan ke pimpinan. Dan ini baru surat suara DPR-RI. Surat suara lainnya belum,” ungkapnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin