Berita Bekasi Nomor Satu

3 Titik Lemah Vietnam yang Dapat Dimanfaatkan Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar

Vietnam harus mengakui kekalahan dari Jepang di laga Piala Asia 2023. (AFC)

RADARBEKASI.ID, QATAR – 3 titik lemah timnas Vietnam dapat dimanfaatkan timnas Indonesia saat laga lanjutan Grup D Piala Asia 2023 Qatar malam nanti, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Sebelumnya, dalam pertandingan pembuka di Ahmed bin Ali Stadium, Al Rayyan, pada Senin (15/1/2024), anak-anak asuh Shin Tae-yong harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-3.

Laga Timnas Indonesia menghadapi Vietnam adalah ajang Shin Tae-yong menghapus rentetan rekor buruknya saat menghadapi Pasukan Bintang Emas.

BACA JUGA: Piala Asia 2023 Malam Nanti Timnas Indonesia vs Vietnam, Laga Hidup Mati, Ini Susunan Pemain, Jadwal dan Link Live Streaming

Menilik kondisi Timnas Vietnam saat ini, ada beberapa titik kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia saat bertemu di Abdullah bin Khalifa Stadium.

Berikut adalah 3 titik lemah Vietnam yang bisa diekspolarasi oleh Shin Tae-yong agar bisa mengamankan target lolos ke babak 16 besar:

  1. TIM TERPENDEK DI PIALA ASIA

Berdasarkan informasi dari AFC, Vietnam menjadi tim dengan tinggi badan dan berat badan rata-rata terendah di antara peserta lainnya.

BACA JUGA: Jumat Malam, Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023 Qatar, Ada Aroma Balas Dendam

Data yang dirilis oleh AFC adalah statistik tentang tinggi dan berat badan rata-rata pemain untuk semua tim yang akan berpartisipasi dalam Piala Asia 2023. Hasilnya menunjukkan bahwa Timnas Vietnam menempati peringkat paling rendah dalam statistik tersebut.

Data statistik mengindikasikan bahwa tinggi badan rata-rata pemain Vietnam pada Piala Asia 2023 berada pada level terendah, yakni hanya mencapai 175,4 cm. Angka ini menunjukkan perbedaan dengan pemain Timnas Indonesia yang memiliki rata-rata tinggi badan sebesar 179,7 cm, serta pemain dari Thailand yang mencapai 176,3 cm.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia melalui serangan dengan bola-bola atas. Sebab, pasukan Garuda memiliki pemain dengan crossing yang bagus seperti Jordi Amat dan Ivar Jenner. Selain itu, Elkan Baggott yang bertinggi 197 cm bisa dimanfaatkan untuk strategi tersebut.

BACA JUGA: Top, Umpan Cantik Yakob Sayuri ke Marselino Dinobatkan World Class Assist di Piala Asia 2023 Qatar

  1. BADAI CEDERA MENERPA VIETNAM

Setelah cederanya bek andalan Doan van Hau sebelum Piala Asia 2023, Vietnam terancam tidak bisa memainkan bek yang menggantikan van Hau, Bui Hoang Viet Anh.

Dilansir oleh The Thao 247, Bui Hoang Viet Anh harus menjalani sesi latihan terpisah pada hari Selasa (16/1) di Qatar, karena merasakan ketidaknyamanan setelah bermain melawan Jepang.

Sebelum itu, mereka juga harus kehilangan 6 pemain utamanya, yakni Hoang Van Toan, Nguyen Tien Linh, Nguyen Hoang Duc, Dang Van Lam, Nguyen Thanh Chung, dan Que Ngoc Hai.

BACA JUGA: Hasil Pertandingan Matchday 1 Piala Asia 2023 Qatar, Thailand Wakil Asia Tenggara Luar Biasa

  1. CATATAN BURUK PHILIPPE TROUSSIER VS INDONESIA

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, memiliki catatan buruk ketika menghadapi Indonesia, baik di kelompok umur maupun senior.

Terbaru, Troussier ditaklukkan oleh anak asuh Indra Sjafrie di semi-final SEA Games 2023. Saat ini gol Taufany di menit ke-90+5 membuat Indonesia menang 3-2 atas Vietnam, dan melaju ke final hingga juara.

Lebih mundur ke belakang, pelatih asal Prancis itu pernah dipecat oleh Timnas Qatar setelah Piala Asia 2004, akibat kalah saat menghadapi Indonesia. Ketika itu, Timnas Garuda ditangani oleh Ivan Kolev.

BACA JUGA: Jadwal Tanding Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar

Laga kontra Vietnam akan menjadi laga hidup mati bagi Timnas Indonesia, sebab target lolos 16 besar terancam sirna apabila gagal menang atas Pasukan Bintang Emas. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin