Berita Bekasi Nomor Satu

STY Ungkap Alasan Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia Lawan Australia di Piala Asia 2023 Qatar

Shin Tae Yong akan bekerja keras untuk meraih keajaiban ketika Timnas Indonesia menghadapi Australia, Minggu (28/1/2024). (Tim Media PSSI)

RADARBEKASI.ID, QATAR – Australia menghentikan langkah Indonesia di babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar. Indonesia kalah 0-4 dalam laga yang dihelat di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024) tadi malam.

Kekalahan Skuad Garuda dari Scoorer tidak membuat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menyalahkan anak asuhnya. STY-biasa disapa menyebut faktor pengalaman bertanding Australia lebih besar dibanding timnas Indonesia.

“Kami tidak kalah dalam konteks performa, mereka bermain bagus dan menjalankan instruksi saya dengan baik. Tapi memang unsur pengalaman yang masih dibutuhkan oleh pemain kita,” ungkap STY dalam konferensi pers di Stadium Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Belum Beruntung, Ditekuk Australia 0-4 Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar

Dalam pertandingan itu, Skuad Garuda sempat bermain agresif dan memberikan tekanan pada babak pertama. Sayangnya peluang-peluang yang didapat tak bisa dieksekusi dengan mulus.

STY mengaku mendapat banyak pelajaran dari pertemuan timnya dengan Australia kali ini. Dia optimistis timnas Indonesia akan memiliki level yang berbeda jika kembali bertemu dengan tim asuhan Graham Arnold tersebut.

“Kami kalah karena level pengalaman dan konsentrasi. Kami mengakhiri pertandingan dengan tidak bagus, pemain dan pelatih Australia jelas punya pengalaman yang lebih banyak.”

BACA JUGA: Indonesia vs Australia Piala Asia 2023 Qatar Malam Ini, Bukan Duel David vs Goliath

“Mungkin lain kali kami akan kembali bertemu mereka dengan kekuatan yang berbeda,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Dalam evaluasinya dari pertandingan Australia vs Indonesia, Shin Tae Yong melihat gol bunuh diri yang dilakukan Elkan Baggot di menit ke-12 mempengaruhi mental juang pemain timnas.

Shin Tae Yong begitu menyangkan kejadian tersebut, karena menjadi gol pertama bagi Australia dan langsung berdampak pada kualitas permainan.

BACA JUGA: Tantang Australia di Piala Asia 2023 Qatar, STY Sebut Peluang Menang Timnas Indonesia Segini

Di sisi lain, permainan Australia semakin alot dengan lini pertahanan yang kuat. “Ada unsur unlucky goal dari pemain kami. Mungkin jika itu tidak terjadi maka permainan kami akan berbeda, tetapi saya berterima kasih pada pemain saya, lega dengan penampilan mereka hari ini.” “

Saya harap tim akan lebih baik di kesempatan selanjutnya,” pungkas Shin Tae Yong. (jpnn)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin