Berita Bekasi Nomor Satu

Tantang Australia di Piala Asia 2023 Qatar, STY Sebut Peluang Menang Timnas Indonesia Segini

Shin Tae Yong akan bekerja keras untuk meraih keajaiban ketika Timnas Indonesia menghadapi Australia, Minggu (28/1/2024). (Tim Media PSSI)

RADARBEKASI.ID, QATAR – Indonesia bakal menantang Australia dalam babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar, malam nanti Minggu (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Indonesia diperkirakan bakal memberi perlawanan habis-habisan melawan Australia di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar.

Timnas Indonesia sukses menjadi tim terakhir yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, setelah menjadi bagian dari 4 peringkat ketiga terbaik.

BACA JUGA: Indonesia vs Australia Piala Asia 2023 Qatar Malam Ini, Bukan Duel David vs Goliath

Keberhasilan tersebut dipastikan setelah Oman ditahan imbang oleh Kyrgyztan dengan skor 1-1, dan memunculkan nama Joel Kojo sebagai pahlawan Timnas Indonesia.

Australia dan Timnas Indonesia bakal bertemu untuk pertama kalinya setelah terakhir di Kualifikasi Piala Asia, pada 3 Maret 2010 silam. Saat itu skuad Garuda kalah 1-0 dari S0cceroos.

Pada konferensi pers sebelum laga, pelatih asal Korea Selatan Shin Tae Yong, lebih memilih untuk merendah, dengan mengatakan Timnas Indonesia hanya memiliki kesempatan sebesar 30 persen untuk mengalahkan Australia.

BACA JUGA: Terima Kasih Kyrgyztan, Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar, Bakal Duel Lawan Australia

“Saya tidak berpikir untuk mengalahkan Australia sejujurnya. Mereka begitu dominan, mungkin kemungkinannya 70 persen Australia bisa menang berbanding 30 persen,” kata STY dalam sesi jumpa pers, Sabtu (27/1/2024).

Meski mengaku masih mempelajari gaya permainan Socceroos, di laga nanti, Shin Tae Yong dipercaya akan menerapkan formasi yang sama dengan saat meladeni Jepang, yakni 5-4-1, karena formasi tersebut dirasa cocok untuk menghadapi tim yang lebih kuat.

STY menyatakan bahwa Australia memiliki kelebihan dalam berbagai aspek. Untuk menghadapi tantangan tersebut, dia sedang mempelajari strategi untuk menembus pertahanan The Socceroos.

BACA JUGA: Kalahkan Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar, Jepang Masuk Neraka

“Australia punya fisik yang sangat kuat dan terorganisir. Tapi saya tidak punya masalah dengan mempelajari pertahanan Australia karena di pertandingan situasinya bisa berubah. Saya masih mencari cara menghadapi pertahanan Australia dan cara membongkarnya,” tambahnya.

Shin juga akan kembali memainkan mayoritas pemain yang ia mainkan saat laga terakhir di grup D tersebut, di antaranya adalah Pratama Arhan.

Arhan sudah dipastikan akan menjadi pemain mengisi starting line up, setelah menemani Shin Tae-yong pada sesi konferensi pers sebelum laga kontra Australia, Sabtu, (27/1/2024).

BACA JUGA: Indonesia vs Jepang, Pertaruhan Shin Tae Yong di Piala Asia 2023 Qatar

PREDIKSI STARTING LINE-UP

Berikut adalah prediksi starting line-up Timnas Indonesia vs Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023:

Shin diprediksi akan menggunakan formasi 5-4-1, dengan Ernando Ari yang mengisi posisi penjaga gawang.

Dalam skema 5 pemain bertahan, STY dipercaya bakal kembali memberi kesempatan pada Sandy Walsh di posisi bek kanan, dan Pratama Arhan yang telah mengunci posisi bek kiri. Sementara untuk 3 bek tengah, kemungkinan akan diisi oleh Rizky Ridho, Jordi Amat dan Elkan Baggott.

Dimainkannya Elkan Baggott akan memperkuat Timnas Indonesia dalam duel-duel udara yang akan dijalani Timnas, sebab mayoritas pemain Australia juga memiliki postur yang tinggi.

Di posisi gelandang, kemungkinan akan diisi oleh duet pemain keturunan Belanda, yakni Ivar Jenner dan Justin Hubner, yang tak tergantikan sepanjang Piala Asia 2023.

Sementara, Yakob Sayuri akan dioperasikan di sayap kanan Timnas, dan di kiri akan diisi oleh Marselino Ferdinan yang akan melakukan cut inside-nya.

Shin Tae-yong sepertinya belum bisa jauh-jauh dari pemilihan Rafael Struick sebagai penyerang, dibanding dengan mencoba Ramadhan Sananta maupun Dendy Sulistyawan.

Formasi 5-4-1: Ernando Ari; Sandy Walsh, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick.

LIVE STREAMING TIMNAS INDONESIA VS AUSTRALIA

Venue: Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan

Kick-off: 18.30 WIB

(jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin