Berita Bekasi Nomor Satu

Disperkimtan Kabupaten Bekasi Fokus Tingkatkan Ketersediaan Lahan untuk Kepentingan Publik

TPU KEBALEN: Foto udara Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebalen di Babelan Kabupaten Bekasi, Selasa (26/3). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi menegaskan fokusnya dalam menjalankan Instruksi Kinerja Umum (IKU).

Salah satu aspek penting dari IKU adalah meningkatkan ketersediaan lahan untuk kepentingan jalan (pelebaran jalan provinsi/kabupaten) serta memenuhi kebutuhan masyarakat seperti lahan untuk tanggul dan tempat pemakaman umum (TPU).

“Kami bekerja sesuai dengan kebutuhan lembaga atau IKU Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Contohnya yang bangun jalan ada pada dinas teknis namun pengadaan pembebasan lahannya ada di kami (Disperkimtan),” ujar Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nurchaidir, Selasa (26/3).

Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nurchaidir

Menurut Chaidir, selain itu, pihaknya juga mengelola lahan pemakaman umum untuk masyarakat di wilayah Bojong Mangu, Cikarang Timur, Tambun Selatan, dan Babelan. Untuk menjaga keindahan dan memaksimalkan fungsi sebagai resapan air, pihaknya melakukan penataan TPU.

“Memang belum semua kami lakukan penataan TPU. Melainkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” ucapnya.

BACA JUGA: Disperkimtan Kabupaten Bekasi Maksimalkan Realisasi Usulan Masyarakat

Lebih lanjut dikatakan Chaidir, keberadaan TPU juga dapat memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di Kabupaten Bekasi. Dengan kemampuannya menyerap air saat hujan, TPU turut berperan dalam menjaga keseimbangan lingkungan.

Dia mengakui bahwa kebutuhan akan RTH di Kabupaten Bekasi masih kurang dan menekankan perlunya kerjasama dari semua pihak, termasuk swasta.

”Jadi ketika membangun lahan harus disisihkan lahannya untuk resapan air.Sehingga dengan kebersamaan kebutuhan RTH bisa terpenuhi,” jelasnya. (and/*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin