Berita Bekasi Nomor Satu

Arus Balik di Jalur Pantura Kabupaten Bekasi Masih Padat

MACET: Foto udara kemacetan panjang di Jalan Teuku Umar Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Senin (15/4/2024). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Arus balik Lebaran di Jalur Pantura Kabupaten Bekasi masih dipadati kendaraan pada Senin (15/4/2024) siang. Polres Metro Bekasi memprediksi puncak arus balik Lebaran di wilayahnya terjadi hingga Senin (15/4/2024) malam.

Kepadatan itu antara lain terlihat di Jalan Teuku Umar Tambun Selatan hingga simpang Jalan Akses Tol Cibitung. Kendaraan roda dua hingga roda empat memadati jalur ke arah Kota Bekasi.

Kepadatan disebabkan oleh volume kendaraan yang meningkat tidak seimbang dengan luas jalan. Selain itu, U-Turn atau putaran arah hanya dibuka pada beberapa titik.

Teriknya matahari membuat pemudik sepeda motor memilih beristirahat di minimarket yang berada di jalan. Seperti yang dilakukan oleh Saipul Anwar (40), yang mengeluhkan kemacetan saat menuju Ciputat dari Cirebon.

“Dari Cirebon mau ke Ciputat. Macetnya parahnya pas sampe sini (Tambun) aja,” kata Saipul.

Dari Cirebon, Saipul bersama istri dan satu anaknya berangkat pagi pukul 07.00 WIB dan baru melintasi Tambun sore sekitar pukul 16.00 WIB. Padatnya volume kendaraan membuat perjalanan lebih lama dari biasanya.

ISTIRAHAT: Pemudik yang hendak kembali ke Jakarta beristirahat di minimarket Jalan Teuku Umar Tambun Selatan, Senin (15/4). ARIESANT/RADAR BEKASI

BACA JUGA: Jadwal One Way, Contraflow, dan Ganjil Genap saat Arus Balik Lebaran 2024  

Biasanya, ketika ke Cirebon, Saipul dapat menempuh waktu lima hingga enam jam. Namun karena padatnya volume kendaraan pada arus balik Lebaran ini membuatnya lebih lama di jalan.

“Masuk Karawang mulai padat merayap. Pas sampe Bekasi bener-bener macet. Banyak kendaraan juga. Bus aja sampe lewat sini. Kalah jalan kita sama bus,” tambahnya.

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, Kompol Nopta Histaris Souzan, mengungkapkan bahwa sebanyak 78.167 kendaraan melintas di Kabupaten Bekasi melalui jalur pantura saat arus balik Lebaran. Jumlah tersebut terdiri dari 60.176 kendaraan roda dua dan 16.767 kendaraan roda empat.

BACA JUGA: Kisah Pemudik Kembali ke Perantauan Terjebak Macet: Cilacap ke Bekasi Selama 15 Jam

Tak hanya itu, bus juga melintas di jalur pantura yakni sebanyak 267 unit serta truk sebanyak 957 unit.

“Lebih banyak kendaraan roda dua. Mereka dari arah timur masuk dari arah Karawang menuju Kabupaten Bekasi atau daerah lain seperti Jakarta,” ucap Kompol Nopta.

Ia mengimbau agar para pengguna jalan di jalur pantura untuk bersabar dikarenakan puncak arus balik Lebaran masih terjadi hingga Senin (15/4) malam. Selain itu, kemacetan di beberapa titik jalan pantura ini juga disebabkan oleh masyarakat sekitar yang hendak pulang bersilaturahmi serta berwisata.

“Kami tetap siagakan ratusan personel di pos pemantauan untuk menerapkan skema pengaturan lalu lintas agar lancar di jalur arteri ini,” tandasnya. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin