Berita Bekasi Nomor Satu
Viral  

Tren Nepo Baby Rambah Artis Hingga Anak Presiden, Begini Penjelasan Istilah Nepo Baby

Nepo Baby di Hollywood. Sumber Foto: Vulture

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Istilah Nepo Baby sedang tren di dunia maya, termasuk di dunia nyata, baik di dalam maupun di luar negeri. Istilah ini merambah dari kalangan selebritis hingga anak presiden.

Istilah apa itu Nepo Baby? Dikutip Jawapos.com dari Dictionary.com, Nepo Baby adalah istilah slang yang memiliki makna orang terkemuka atau berkuasa, seperti selebritas atau politisi, dengan orangtua yang juga terkemuka atau berkuasa.

Terutama, istilah Nepo Baby digunakan untuk orang yang memiliki koneksi dalam industri yang ia geluti dan memiliki andil dalam kesuksesan mereka.

BACA JUGA: Pamor Artis Tak Menjamin

Kata ‘Nepo’ diambil dari ‘Nepotisme’, yang menurut KBBI memiliki arti perilaku yang memperlihatkan kesukaan yang berlebihan kepada kerabat dekat.

Nepotisme juga memiliki makna kecenderungan untuk mengutamakan (menguntungkan) sanak saudara sendiri, terutama dalam jabatan, pangkat di lingkungan pemerintah.

Serta dapat juga diartikan sebagai tindakan memilih kerabat atau sanak saudara sendiri untuk memegang pemerintahan.

BACA JUGA: 5 Profesi Gen Z Bikin Cuan dan Kantong Tebal

Tak ayal istilah Nepo Baby digunakan oleh warganet untuk mendeskripsikan beberapa artis yang terkenal dengan bantuan nama besar orangtua atau kakek dan nenek mereka.

Beberapa orangtua dari artis mancanegara yang disebut Nepo Baby tersebut mengelak atas tuduhan bahwa anak mereka bisa sukses karena bantuan nama besar mereka.

Salah satunya adalah aktor Ethan Hawke yang merupakan ayah dari aktris serial Stranger Things, Maya Hawke.

“Saya merasa kasihan pada generasi ini karena kata nepotisme entah bagaimana berubah menjadi ejekan, padahal itu adalah sejarah umat manusia,” kata Ethan Hawke, dilansir JawaPos.com dari BuzzFeed.

Begitu pula aktris Meg Ryan, ibu dari aktor serial The Boys, Jack Quaid, yang mengatakan bahwa anaknya benar-benar berbakat alami dan kata Nepo Baby sangat meremehkan etos kerja serta bakatnya.

Di Indonesia, protes tersebut juga dilontarkan oleh aktris dan penyanyi Widi Mulia, ibu dari aktris muda Widuri karena anaknya disebut sebagai Nepo Baby.

“Dru, Widuri, dan Den tumbuh baik berkesenian karena mendapat support dan privilege dari kami ortunya yang juga seniman. Peluang mereka dalam jalur profesional datang secara organik,” tulis Widi dalam Instagram Storiesnya.

Widi Mulia mengatakan istilah Nepo Baby kurang tepat dipergunakan untuk anak-anaknya dengan aktor Dwi Sasono karena mereka tidak memiliki kuasa untuk memilih dan menentukan jalan karir anak mereka.

Selain itu, di Indonesia, istilah Nepo Baby semakin banyak digunakan untuk mendeskripsikan Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan anak sulung dari Presiden Joko Widodo. (rbs/jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin