Berita Bekasi Nomor Satu

Hanya 26 dari 36 Panwascam Petahana Kembali Bertugas di Pilkada 2024 Kota Bekasi  

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Vidya Nurrul Fathia

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi harus membuka rekrutmen baru untuk sepuluh anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) setelah beberapa Panwascam petahana tak lolos proses evaluasi.

Dari 36 Panwascam petahana di Kota Bekasi, hanya 26 yang kembali mendapat kepercayaan untuk bertugas di Pilkada 2024.”Calon existing Panwascam yang lolos di Kota Bekasi totalnya ada 26 orang. Dari total keseluruhan dari 12 kecamatan sebanyak 36 calon existing. Bagi yang lolos tahapan evaluasi sudah ditetapkan dan umumkan,” ujar Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Vidya Nurrul Fathia, kepada Radar Bekasi, Senin (6/5/2024).

“Dari 26 existing Panwascam yang lolos didominasi laki-laki. Tapi kami tetap memperhatikan 30 persen kuota perempuan,” sambungnya saat disinggung keterwakilan perempuan di Panwascam se-Kota Bekasi.

Kegagalan calon ini disebabkan karena kinerja saat mengawasi Pemilu 2024 dianggap kurang maksimal, menjadi salah satu indikator evaluasi.

BACA JUGA: Dilaporkan, KPU-Bawaslu Kabupaten Bekasi Tunggu Panggilan DKPP

Dengan tiga orang setiap kecamatan, pihaknya membuka rekrutmen baru untuk sepuluh orang di beberapa kecamatan.

“Kami membuka rekrutmen untuk 10 orang yang tersebar di beberapa kecamatan. Kita buka rekrutmen baru untuk mengisi kekosongan,” katanya.

Berdasarkan peraturan Bawaslu RI, evaluasi dilakukan terhadap calon existing Panwascam. Ada beberapa indikator penilaian, mulai dari kinerja hingga penilaian atasan.

“Kita plenokan, siapa saja Panwascam existing yang memang lolos dan juga yang belum memenuhi syarat dan indikator evaluasi,” katanya. (pra)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin