Berita Bekasi Nomor Satu

PKS Kota Bekasi Belum Tentukan Koalisi Pilwalkot 2024  

ILUSTRASI: Simpatisan dan kader PKS berkumpul mengikuti di Rapat Umum Terbuka (RUT) di Lapangan Multiguna Bekasi Timur pada saat tahapan Pemilu 2024. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bekasi belum mengerucut ke salah satu partai politik untuk menjalin koalisi dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) 2024.

“Kita masih membuka komunikasi ke semua pihak dan sampai saat ini belum ada yang secara definitif mengerucut ke satu koalisi, masih tahap penjajakan. Mudah-mudahan satu sampai dua bulan ke depan sudah bisa definitif,” ujar Sekretaris DPD PKS Kota Bekasi, Daradjat Kardono, kepada Radar Bekasi, Senin (13/5/2024).

Daradjat menyebut PKS menjadi satu-satunya partai yang sudah punya tiket mandiri, karena syarat untuk mengusung calon di Pilwalkot sebesar 20 persen telah terpenuhi.

Dengan jumlah keseluruhan 50 kursi, maka 20 persen setara dengan 10 kursi. Sedangkan partainya berhasil mengoleksi 11 kursi sekaligus mengamankan posisi pimpinan DPRD Kota Bekasi.

Hanya saja, kata Daradjat, partainya tidak mau gegabah mengusung calon sendiri tanpa menjalin koalisi dengan partai lain. Sebab, untuk membangun Kota Bekasi harus dilakukan secara bersama-sama.

“Jadi yang di atas 10 kursi hanya PKS, sebenarnya tanpa koalisi pun sudah bisa maju sendiri. Tapi kita tidak akan melakukan itu, karena kita perlu membangun Kota Bekasi ini bersama-sama, kolaborasi, berarti harus membangun koalisi, supaya pembangunannya bisa lebih lancar,” katanya.

Perihal langkah untuk membangun koalisi, Daradjat menuturkan bahwa situasi dan kondisi masih cair dan partainya masih tetap membuka komunikasi dengan semua partai politik. Pada dasarnya, partai politik terbuka untuk bisa berkoalisi dengan PKS. Oleh karena itu, sampai saat ini hubungan partainya baik-baik saja dengan seluruh petinggi partai di Kota Bekasi.

BACA JUGA: PKS Berlabuh Oposisi atau Koalisi, Tunggu Juni

“Hubungan kita baik-baik saja dengan seluruh partai yang ada di Kota Bekasi. Jadi sangat terbuka peluang koalisi dengan partai politik manapun, untuk maju dalam Pilkada di akhir tahun 2024,” ucapnya.

Menurutnya, Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara, menjadi sosok yang akan maju dalam Pilwalkot Bekasi. Pasalnya, pria yang akrab disapa Herkos itu sudah mendapatkan rekomendasi langsung dari Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, untuk maju di Pilwalkot Bekasi 2024.

Dengan rekomendasi tersebut, Daradjat menilai PKS menjadi satu-satunya partai yang sudah mendapatkan tiket dan rekomendasi DPP.

“Jadi sementara ini PKS yang sudah mendapatkan rekom yang definitif untuk bakal calon walikota, yaitu bapak Haji Heri Koswara,” jelasnya. (pra)

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin