Berita Bekasi Nomor Satu

Anggota DPR RI “Turun Gunung” Menangkan Calon di Pilkada Kabupaten Bekasi  

Kolase Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Syaiful Huda, dan Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Obon Tabroni. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar VII siap “turun gunung” memberikan sumbangsih suara dan upaya memenangkan calon yang diusung partainya pada Pilkada Kabupaten Bekasi.

Dapil ini mencakup Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Kemenangan dalam Pilkada akan meningkatkan nilai jual anggota legislatif di mata pimpinan partai.

Berdasarkan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, anggota DPR RI terpilih yang berasal dari arena tarung Dapil Jabar VII dikuasai oleh Partai Gerindra dengan tiga kursi, diantaranya Dedi Mulyadi (Gerindra), Putih Sari (Gerindra), Obon Tabroni (Gerindra), Puteri Komarudin (Golkar), Ahmad Syaikhu (PKS), Rieke Diah Pitaloka (PDI Perjuangan), Cellica Nurrachadiana (Demokrat), Syaiful Huda (PKB), Saan Mustopa (NasDem), dan Verrel Bramasta (PAN).

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Obon Tabroni, memastikan dukungannya terhadap calon yang diusung partai, BN Holik Qodratullah.

Anggota DPR RI dua periode ini, menilai keputusan pimpinan partai memberikan rekomendasi kepada BN Holik sangat tepat, terutama dengan pendampingnya, Faizal Hafan Farid, yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia menambahkan bahwa program pasangan ini sejalan dengan program Prabowo Subianto.

“Itu make sense dengan programnya Pak Prabowo, sehingga bisa dieksekusi. Karena kita dalam satu partai, yang kita tahu Pak Prabowo Presiden,” ucap Obon..

Sebagai mantan calon Bupati Bekasi dari jalur independen, Obon optimis jagoannya mampu memenangkan pertarungan di Pilkada Kabupaten Bekasi.

Ia menegaskan bahwa Partai Gerindra di Dapil Jabar VII memiliki tiga Anggota DPR RI. Pada Pilkada ini, semua akan berkomitmen untuk mendukung kemenangan kader partainya, BN Holik.

“Kami (saya, Bu Putih, Kang Dedi, dan Bu Wardah) totalitas untuk Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Saya sangat optimis. Bukan hanya saya, tetapi seluruh Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten juga bergerak,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ketua DPRD Kota Bekasi: Pilkada Itu Adu Gagasan Bukan Kampanye Hitam

Obon menegaskan bahwa ukuran totalitas akan terlihat saat diperbolehkan melakukan pemasangan spanduk yang akan disebar oleh Anggota DPR RI. Tim yang dipimpin olehnya, bersama Putih Sari, Dedi Mulyadi, dan Wardatul Asriah, akan bekerja sama untuk memenangkan pasangan calon dari Gerindra, BN Holik-Faizal. Ia juga mencatat bahwa PKS telah melakukan hal serupa.

“Kemarin kita belum totalitas karena menunggu terkait dengan siapa yang direkomendasikan oleh partai. Tapi ketika partai merekomendasikan bang Holik, sudah enggak ada pilihan diskusi. Karena diskusi sudah selesai, sekarang gilirannya adalah bergerak untuk bang Holik,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda, menyatakan bahwa untuk menghadapi Pilkada Kabupaten Bekasi, para relawannya telah dipersiapkan setelah bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Bersama pasangan calon Dani-Romli, ia telah turun langsung untuk berdialog dan melakukan sosialisasi. Selanjutnya, partainya akan melakukan canvassing.

“Kita sudah mengaktivasi relawan dan jaringan pemenangan saat Pileg. Kita sudah turun ke lapangan bertemu langsung dengan simpul-simpul untuk dialog dan sosialisasi pasangan Dani-Romli. Sekarang kita lagi bersiap canvassing, door to door,” ucap politisi yang juga nakhoda DPW PKB Jawa Barat ini.

Syaiful berpendapat bahwa selama menjabat sebagai Pj Bupati, Dani telah membawa perubahan dan perbaikan yang dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Sejak menjadi Pj Bupati, Pak Dani membawa perubahan dan perbaikan yang langsung dirasakan publik masyarakat Bekasi, program-programnya membumi dan sesuai kebutuhan,” ucapnya.

Ia sangat optimis karena hasil survei dari beberapa lembaga kredibel menempatkan posisi Dani-Romli di urutan teratas.

“Artinya tingkat kepercayaan publik masyarakat Bekasi tinggi, mesin partai berjalan efektif, relawan solid, simpul-simpul masyarakat bergerak spontan dan masif,” pungkasnya.

BACA JUGA: Nomor Urut Resmi Didapat, Enam Pasangan Calon Siap Bertarung di Pilkada Bekasi 2024

Pengamat Politik Bekasi, Roy Kamarullah, menyatakan bahwa anggota DPR RI menjadi salah satu variabel penentu kemenangan pasangan calon. Mereka akan ditunjuk sebagai koordinator wilayah oleh pimpinan partai masing-masing di tingkat pusat, yang otomatis menjadi pertaruhan untuk meningkatkan nilai jual di mata pimpinan partai.

“Ini pastinya sangat berpengaruh, karena suara mereka berbasis di setiap kabupaten dan kota. Apalagi, Pileg baru saja berlangsung,” tukasnya. (pra)