Dinsos: Bansos Kemensos Tahun 2021 Cash

RADARBEKASI.ID, BEKASI- Tahun 2021 nanti kabarnya Kementerian Sosial (Kemensos) RI bakal berikan bantuan sosial (bansos), berbentuk uang tunai kepada 197.380 Kepala Keluarga (KK) di Kota Bekasi.


Adapun berdasarkan informasi dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi, bansos dari Kemensos berupa uang tunai itu bakal mulai didistribusikan pada Januari 2021 mendatang.

“Iya, di tahun 2021 nanti penyaluran Bansos Kemensos di Kota Bekasi berupa uang tunai kepada 197.380 KK,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Masyarakat Miskin Dinas Sosial Kota Bekasi Yeni Suharyani, Rabu (30/12/2020).


Menurutnya, program Kemensos ini disebut bantuan sosial tunai (BST). Untuk penyalurannya, diakui Yeni, bakal diberikan sebesar Rp300 ribu tiap bulan sampai empat bulan ke depan. “Jadi, sesuai rencana empat bulan dulu. Namun, pada tiga bulan itu akan dievaluasi,” jelasnya.

Intinya, dia menambahkan, langkah kebijakan program BST merupakan mik Pemerintah pusat, dan Pemkot tidak mengetahui sama sekali soal pertimbangan perubahan bantuan Kemensos yang sebelumnya adalah sembako menjadi uang tunai.

“Kami hanya menyampaikan data penerima Bansos, untuk penyaluran langsung pemerintah pusat,” tutup Yeni. (mhf)