Cikarang

Permudah Layanan, Disdukcapil Siapkan Mesin ADM

MESIN ADM: Seorang warga melihat mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ditujukan untuk mempermudah pelayanan kependudukan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Adanya pengoperasian mesin ADM yang serupa dengan Anjungan Tunai Mandidi (ATM) ini, sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat yang hendak melakukan pencetakan KTP-elektronik, Kartu Keluarga maupun dokumen lain-nya.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pencetakan administrasi kependudukan, dapat mengunjungi Mal Pelayanan Public (MPP) di Lotte Mart, Cikarang Utara.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Hudaya menjelaskan, ADM itu merupakan hibah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Untuk saat ini memang belum jalan, tapi kami sedang mengupayakan pengaktifkan-nya. Mudah-mudahan bisa segera dioperasionalkan,” kata Hudaya, Kamis (4/2/).

Dijelaskan Hudaya, pengoperasian ADM itu diharapkan dapat mempermudah layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

“Bagi warga Kabupaten Bekasi yang akan mengurus administrasi kependudukan, kini tidak harus ke kantor dinas maupun ke kecamatan lagi,” terangnya.

Lanjut Hudaya, warga cukup daftar melalui daring (online), maka dokumen kependudukan-nya dapat di cetak melalui ADM tersebut.

“Warga yang membutuhkan layanan pembuatan KTP-elektronik, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), akte kelahiran, surat pindah serta administrasi kependudukan lain, pencetakan-nya bisa dilakukan di mesin ADM,” beber Hudaya.

Ditambahkan-nya, masyarakat yang ingin mencetak dokumen administrasi kependudukan, tetapi tidak memiliki printer di rumah, maka dokumen tersebut bisa dicetak mandiri di mesin ADM.

Hudaya juga mengingatkan, yang harus diperhatikan, masyarakat sebelum melakukan pencetakan, perlu mengajukan dahulu dokumen administrasi kependudukan yang dibutuhkan melalui layanan online Disdukcapil Kabupaten Bekasi Kabupaten Bekasi pada : http://sitepak.bekasikab.go.id.

Setelah selesai mengajukan permohonan serta memenuhi persyaratan, nantinya akan mendapat notifikasi dan barcode melalui email yang selanjutnya bisa di print dokumen yang dimohon pada mesin ADM di MPP Lotte Mart Cikarang Utara.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, mesin ADM ini sudah bisa digunakan, tim teknis tengah mempersiapkan-nya. Diharapkan juga pelayanan kependudukan jadi lebih mudah, sekaligus meminimalkan pelayanan tatap muka, apalagi di tengah panedmi Covid-19 ini,” tandas Hudaya. (and)

Related Articles

Back to top button