Pendidikan

Aktif Membuat Karya

Mahna Zakiah
Mahna Zakiah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa SMPN 25 Kota Bekasi bernama lengkap Mahna Zakiah pada Oktober 2020 – Januari 2021 mengikuti Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Jawa Barat. Dalam program itu, dirinnya berhasil membuat 4 puisi, 4 pantun dan 2 cerita pendek.

Dalam GLN Gareulis Jawa Barat, pelajar yang akrab disapa Mahna ini bersama anggota tim lainnya akan membuat buku literasi. Kurang lebih sudah ada 12 puisi, 12 pantun, 35 review buku dan 7 cerita pendek yang akan dibuat antalogi.

“Mahna dengan teman-teman yang lain dibimbing dengan guru pendamping sedang menyusun buku Literasi ini,” kata pelajar berhijab tersebut.

Dalam program tersebut, dirinya sudah mengikuti diklat pelopor ke-9 secara daring mengenai penyusunan buku literasi. Penyusunan buku literasi itu diikuti seluruh pelajar sekolah se-Jawa Barat di 18 kabupaten dan 9 kota dengan melibatkan guru, siswa dan orangtua siswa.

“Kalau dalam pembuatan buku literasi sekolah saya, yang terlibat dalam pembuatan buku ini ada kurang lebih 12 orang. Yaitu, kepala sekolah, wakasek, para guru, orangtua siswa dan 5 siswa, yaitu Mahna, Sabila, Nazua, Nishwa dan Nadhifa,” jelasnya.

Meski di tengah pandemi ini, Mahna, dengan teman-temannya tetap berusaha melaksanakan kegiatan literasi ini dengan sebaik-baiknya. Walau terkadang banyak ditemukan halangan seperti waktu kumpul untuk membahas dan berdiskusi, terkadang ada saja yang tidak bisa mengikuti.

“Ini tantangan buat aku sih, di masa pandemi ini aku tetap aktif membuat sebuah karya yang menurut aku cukup luar biasa,” ucapnya.

Dari kegiatan literasi ini ada banyak hal yang didapat. Seperti manfaat membaca yang sangat besar, belum lagi tips dan trik menulis sebuah cerita serta pentingnya memahami sebuah bacaan dengan baik. (dew)

Related Articles

One Comment

Back to top button