Berita Bekasi Nomor Satu

Nilai Siswa Masih Stabil

PTM
ILUSTRASI: Pengawas SD gugus 1 memantau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di SDIT Al-Muzzammil Kota Bekasi. FOTO: ISTIMEWA
PTM
ILUSTRASI: Pengawas SD gugus 1 memantau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di SDIT Al-Muzzammil Kota Bekasi. FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Nilai siswa di sebagian satuan pendidikan masih cukup stabil masa pandemi Covid-19 ini. Hal itu berdasarkan rapor Penilaian Tengah Semester (PTS) ganjil tahun pelajaran 2020/2021.

Kepala SDN Jatiasih X Kota Bekasi Sadiah menyampaikan, pihaknya telah memberikan hasil belajar siswa dengan rapor elektronik kepada orang tua masing-masing.

“Jadi penerimaan rapornya berupa pdf. Kami hanya memberikan laporan nilainya secara daring,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (11/4).

Menurutnya, capaian dalam proses pembelajaran siswa selama masa pandemi berdasarkan kurikulum khusus. Tidak seperti pada umumnya pada situasi normal.

“Jika bicara capaian nilai siswa, memang ada perubahan. Kita tidak melihat target nilai yang umumnya kita lihat dimasa normal. Jadi perubahan nilainya memang disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di masa pandemi ini” tuturnya.

Pada masa pandemi ini, ujar dia pencapaian nilai siswa tidak mengalami penuruan yang cukup siginifikan. Hasil belajar peserta didik pada PTS terbilang stabil.

“Tidak ada penurunan penurunan nilai alhamdulillah, dari hasil laporan guru-guru. Nilai siswa masih stabil,” ungkapnya.

Guru SDN Jatimakmur V Kota Bekasi Zaenal mengatakan, bahwa guru dalam memberikan penilaian lebih menitik beratkan kepada penilaian yang sifatnya objektik dan autentik.

“Jika dibilang nilai nya turun atau tidak, memang ada perubahan. Tetapi perubahan ini disesuaikan dengan kurikulum yang kami gunakan di masa pandemi. Perubahan nilainya memang untuk menyesuaikan kurikulum yang ada,” katanya.

Dari hasil nilai yang dicapai oleh siswa secara umum jika siswa mendapatkan nilai 100 di masa pembelajaran normal, maka hasilnya sama namun dengan sistem pembelajaran yang berbeda.

“Jadi perbedaanya hanya cara pembelajarannya saja, capaian nilai masih sama tidak ada penuruan mereka stabil saja,” katanya.

Orang tua siswa SDN Jatimakmur V Kota Bekasi Dini Wahyuni mengungkapkan, hasil capaian nilai yang diterima anaknya saat ini masih terbilang cukup stabil dan tidak ada penurunan.

“Alhamdulillah anak saya mendapatkan nilai yang stabil, sama dengan nilai di masa normal,” ungkapnya.

Namun diakui, dirinya sebagai orang tua pada masa pandemi ini harus memberikan perhatian dan pengawasan yang cukup ketat kepada anaknya. Dengan begitu, hasil capaian nilai dapat terus stabil.

“Pengawasan memang cukup terbilang ketat, jadi nilai yang dihasilkan juga masih normal dan stabil,” tukasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin