Berita Bekasi Nomor Satu

Usulkan Penambahan Pos Damkar

PENYEMPROTAN:Petugas pemadam kebakaran ketika menyemprotkan cairan disinfektan di ruas Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Bekasi masih kesulitan menjangkau sejumlah titik kebakaran yang jauh dari gedung atau pos sektor Disdamkar. Sehingga penambahan pos sektor di sejumlah kecamatan dinilai perlu dilakukan.

Sejauh ini, dari 12 kecamatan yang akan dibangun pos sektor pemadam, baru lima sektor yang selesai. Diantaranya Kecamatan Medansatria, Kecamatan Bekasi Utara, Kecamatan Rawalumbu, Kecamatan Mustikajaya dan Kecamatan Jatisampurna.

“Saat ini saya harus lakukan optimalisasi seluruh kekuatan sumber daya yang ada. Mobil armada ada 14 unit dan pasukan ada 140 per pleton,” ujar Kepala Disdamkar Kota Bekasi Aceng Solahudin kepada Radar Bekasi, Kamis (16/9).

Padahal kata dia, petugas dan armada harus dituntut cepat sampai lokasi. Targetnya 15 menit harus sudah tiba di lokasi supaya kebakaran cepat tertangani dan tidak meluas.

“Ya tetapi kalau kita terlambat diatas 30 menit sampai di lokasi ini akan memakan waktu yang cukup lama untuk memadamkan api,” ucapnya.

Dia mengaku target respon time petugasnya belum mencapai 90 persen dikarenakan beberapa wilayah belum memiliki pos sektor pemadam kebakaran.

Sehingga saat terjadi kebakaran di beberapa lokasi yang jauh dari pos sektor, pemadaman akan lebih sulit. “Kita akan ajukan segera membuat pos sektor pemadam kebakaran bagi wilayah atau kecamatan yang belum memiliki. Itu kita lakukan untuk efisiensi waktu petugas lebih cepat sampai di lokasi. Serta akan semakin cepat memadamkan api,” tukasnya. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin