Kebut Vaksinasi, Kejar Herd Immunity

VAKSINASI MERDEKA: Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo ketika meninjau vaksinasi merdeka aglomerasi di wilayah hukum Polsek Bekasi Timur. IST/RADAR BEKASI

BEKASI TIMUR – Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Aloysius Suprijadi mengatakan, kegiatan vaksinasi merdeka aglomerasi dilakukan serentak tidak hanya di Kota Bekasi sejak 22 Agustus lalu.

Tujuannya untuk memudahkan warga yang belum mengikuti vaksinasi serta mendorong segera terciptanya herd immunity.


“Vaksinasi Merdeka Aglomerasi merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan pada 22 Agustus 2021. Tidak hanya di Kota Bekasi saja, Kota Depok dan wilayah penyangga pun ikut serta melaksanakan hal tersebut,” kata Aloysius kepada awak media.

Dirinya juga menghimbau, kepada warga Kota Bekasi untuk segera melakukan Vaksin. Apabila warga sudah tervaksinasi maka Herd Immunity Kota Bekasi akan terpenuhi sehingga dapat mempersempit gerak penyebaran Covid-19.


“Saya harap warga Kota Bekasi antusias dalam Vaksinasi yang telah diselenggarakan oleh pemerintah maupun TNI dan Polri. Dengan demikian kita dapat mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Bekasi Timur, AKP Rushit Malaka mengungkapkan, data warga yang sudah divaksin baru mencapai 62 persen di Kota Bekasi.

Kedatangan Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo ke wilayah vaksinasi, supaya warga antusias. “Artinya masih banyak warga dan masyarakat yang belum divaksin, ya dengan kedatangan Wakapolda masyarakat dapat antusias ikut Vaksin,” ucapnya.

Ia pun mengatakan gerai vaksin di wilayah Polsek Bekasi Timur mencakupi delapan Kelurahan di Kecamatan Bekasi Timur. “Kita mencakupi Kecamatan Rawalumbu dan Kecamatan Bekasi Timur. Masing-masing kelurahan ada dua gerai vaksin,” terangnya.

Terpisah, Ketua Umum Forum Warga Bekasi, Abdul Rozak yang juga Ketua Komisi I mengapresiasi bentuk dan kegiatan yang dilakukan pihak Kepolisian Metro Bekasi Kota, khususnya Polsek Bekasi Timur yang dihadiri Kapolres dan Wakapolda.

“Saya mengapresiasi dengan tindakan pihak kepolisian dalam hal menjemput bola kepada warga yang belum divaksin. Ini merupakan langkah strategis dalam hal menciptakan kekebalan komunal di Kota Bekasi,” katanya.

Ia pun mengaku, wilayah RT 03 RW 09 Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi sudah mencapai 95 persen warga yang divaksin.

“Alhamdulilah persentase warga yang sudah divaksin dilingkungan ini mencapai 95 persen, terhitung sejak dosis pertama yang diselenggarakan di kantor FWB saat itu. Ya mudah-mudahan wilayah kita ini sudah tercapai herd immunity nya,”ungkapnya. (pay)