Metropolis

IPEMI Dorong UMKM Tetap Produktif

BEKASI SELATAN – Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) bertekad menaruh fokus utama pada kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Keteguhan tekad ini disampaikan pada peringatan ulang tahun PD IPEMI Kota Bekasi yang ke enam di Hotel Amaroossa Grande Bekasi, Rabu (27/10).

Peringatan hari jadi ke enam ini dihadiri oleh berbagai pihak, nampak Pengurus Pusat (PP), Pengurus Wilayah (PW) IPEMI Jawa Barat, hingga Wakil Wali Kota Bekasi bersama dengan beberapa jajaran Pemerintah Kota (Pemkot)Bekasi. Sejak dilantik Oktober tahun lalu, PD IPEMI Kota Bekasi melaksanakan kegiatan wajib, baik secara daring maupun luring.

Ketua PD IPEMI Kota Bekasi, Ayuni Mirlina menyampaikan bahwa capaian yang dituju pada masa kepengurusannya tidak lain membantu para pelaku UMKM agar tetap produktif dalam situasi dan kondisi apapun. Ia berkeinginan pada pelaku UMKM bisa go internasional dan go digital, sejauh ini IPEMI telah memiliki galeri UMKM yang berlokasi di Graha Restauran Super Sambal (SS).

“Karena IPEMI ini lebih fokusnya ke UMKM, supaya UMKM ini tetap eksis, tetap naik kelas, khususnya di masyarakat Bekasi,” paparnya.

Pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, guna memfasilitasi UMKM anggota IPEMI. Usulan lain yang sudah diajukan ke Pemkot Bekasi diantaranya adalah penyediaan ruang bagi UMKM corner di ruang publik, salah satunya pusat perbelanjaan.

Usulan ini diharapkan dapat berguna bagi UMKM anggota IPEMI maupun UMKM lain di luar IPEMI. Tidak ingin pelaku UMKM hanya berjaya di pasar lokal, ia juga menargetkan pelaku UMKM bisa memasarkan produknya hingga ke mancanegara.

“Tidak hanya kita bermain lokal, tapi juga internasional,” tambahnya.

IPEMI terus bertumbuh seiring bertambahnya usia, saat ini telah memiliki PW di 15 negara. Sementara di Kota Bekasi IPEMI telah memiliki 11 Pengurus Cabang (PC) di tingkat Kecamatan.

Dalam perayaan kali ini, PD IPEMI juga menggelar talkshow bertajuk pelestarian batik untuk meningkatkan perekonomian perempuan.

Usai menghadiri kegiatan, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menyampaikan apresiasi atas semangat yang ditunjukkan oleh IPEMI dalam meningkatkan perekonomian, khususnya perempuan.

Ia menekankan bahwa saat ini perempuan memiliki kesempatan luas untuk meningkatkan perekonomian, disamping tetap menjalankan tugas utama dalam rumah tangga.

“Tidak saja hanya mendidik anak sebagai tugas utama, tetapi juga membantu perekonomian keluarga tanpa meninggalkan tugas utama,” paparnya sebelum meninggalkan lokasi.

Tri berharap semakin banyak perempuan yang memiliki jiwa entrepreneurship. (sur)

Related Articles

Back to top button