Politik

Peduli Lingkungan, Dorong Berbagai Pihak Aktivasi Bank Sampah

Lilis Nurlia, Anggota DPRD Kota Bekasi Fraksi PKS

RADARBEKASI, MEDANSATRIA – Pasca pelantikan pengurus baru Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi, Lilis Nurlia mendukung penuh aktivitas bank sampah di Kota Bekasi.

Aleg Daerah Pemilihan Medansatria itu pun memang terlibat aktif di beberapa bank sampah yang ada di Medansatria.

Menurutnya dengan aktif dalam kegiatan tersebut, dapat membantu Kota Bekasi semakin bersih dan mengurangi dampak buruk pada lingkungan yang disebabkan sampah.

“Selain itu dengan kita aktif pada kegiatan ini akan mendorong Kota Bekasi semakin bersih, nyaman dan sehat tentunya, dimulai dari diri dan keluarga kita pribadi,” ungkap Lilis.

Dalam pelantikan, Ketua BSIP Eddy Supangkat menyebutkan, bahwa sampah yang kini berada di TPST Bantargebang perhari telah mencapai 7.500 ton, dan solusi yang dapat dilakukan menurutnya untuk mengurangi hal tersebut adalah kesadaran individual tiap rumah tangga itu sendiri (28/10).

Senada dengan ketua BSIP, Lilis juga menganjurkan kepada masyarakat agar mengurangi ketergantungan pada penggunaan sampah yang sulit terurai. Dan ia pun mendorong kepada Pemkot Bekasi dan seluruh elemen yang ada di Kota Bekasi agar dapat menggencarkan gerakan aktivasi bank sampah.

“Dengan kita mau memilah sampah, tentu akan memberikan dampak terbaik bagi kehidupan pada masa mendatang, selain itu juga setiap rumah tangga dan lingkungan juga harus aktif dikegiatan bank sampah,” tambah Aleg PKS tersebut.

HITUNG SALDO: Lilis dan warga nasabah Bank Sampah saat menghitung saldo mereka dari sampah yang dikumpulkan.

Aktifnya Lilis bukan isapan jempol belaka, ia menuturkan bahwa dirinya tidak segan memilah sampah dan mengelompokkan sampah di rumahnya, tak hanya itu ia pun menjadi nasabah bank sampah 1001 di wilayah RW 10, dan nasabah bank sampah Kepodang di RW 11 Kelurahan Kalibaru, Medansatria dengan saldo lebih dari satu juta rupiah

Yang terbaru pada Minggu (17/10) lalu Anggota Banggar DPRD Kota Bekasi ini pun menghadiri peresmian pendirian Bank Sampah Mentari di DPC PKS Medansatria, yang tak hanya fokus pada sampah rumah tangga saja tapi juga membuka tabungan minyak jelantah agar tidak dibuang namun disetorkan ke Bank Sampah Mentari.

PEDULI BANK SAMPAH: Lilis Nurlia bersama warga usai launching Bank Sampah Mentari di Medansatria, belum lama ini.

“Kegiatan seperti ini harus semakin digencarkan, berbuat untuk Kota Bekasi. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang peduli pada lingkungan tentu tonase sampah yang menuju TPST Bantargebang akan berkurang dengan sendirinya,” pungkas Lilis. (zar/rdk/adv)

Related Articles

Back to top button