Membangun Potensi Diri Sesuai dengan Perkembangan Zaman yang Beradab

Raditiya Hauzan, Ketua OSIS SMAIT Nurul Fajri

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Panitia penyelenggara Pengenalan Lingkungan dan Penanaman Karakter (PLPK) SMAIT Nurul Fajri telah melaksanakan kegiatan PLPK 2022 yang bertema “Membangun Potensi Diri Sesuai dengan Perkembangan Zaman yang Beradab”. PLPK 2022 dilaksanakan pada Senin, 18 Juli 2022 hingga Rabu, 20 Juli 2022 di wilayah SIT Nurul Fajri. Kegiatan PLPK merupakan ajang bagi calon peserta didik baru untuk mengenal lingkungan sekolah. Pada agenda ini pihak sekolah, guru-guru, pengurus OSIS, serta pengurus ekskul turut tampil untuk memperkenalkan SMAIT Nurul Fajri.


Di hari pertama pada pukul 6.30 WIB kami memeriksa alat bawaan serta kedisiplinan peserta. Agenda dilanjut dengan upacara pembukaan. Upacara pembukaan berisi agenda pembacaan ikrar, menyanyikan mars SIT Nurul Fajri, sambutan dari Kepala SMAIT Nurul Fajri, Bapak Shalahuddin, S.S.I., M.Pd., pengenalan dewan guru dan panitia OSIS, serta doa dan penutup upacara. Selanjutnya peserta diperkenalkan dengan tata tertib sekolah yang disampaikan oleh wakasek bidang kesiswaan, Bapak Dani Ramdani, S.Pd., dan guru bimbingan konseling, Ibu Nabila Triyastika, S.Pd. Agenda diselingi dengan istirahat dan pembiasaan ibadah, yaitu tadarus al-Qur’an dan sholat dhuha. Selanjutnya peserta mendapatkan materi adab kepada orang tua dengan pemateri K.H. Zaenal Muttain, Lc, kemudian wakasek kesiswaan bidang kurikulum, Ibu Nur Laily Sa’diyah, S.T memperkenalkan kurikulum yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan belajar di SMAIT Nurul Fajri. Terakhir peserta pulang ke rumah pada pukul 14.00 WIB.

Di hari ke dua pada pukul 6.30 WIB kami memeriksa kembali alat bawaan serta kedisiplinan peserta. Kemudian sebelum mendapatkan materi, peserta mulai dibiasakan ikrar menggunakan 3 bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia) dan tilawah al-Quran. Selanjutnya Kepala SMAIT Nurul Fajri, Bapak M. Shalahuddin, S.S.I, M.Pd menyampaikan materi tentang standar kelulusan di SMAIT Nurul Fajri. Kemudian kami membuat kerajinan tangan berupa pot hias dari galon bekas yang dibimbing oleh guru PKWU, Ibu Fifi Mulyanti, S.E.. Agenda diselingi dengan istirahat dan pembiasaan ibadah. Kemudian ada pemaparan materi terkait safety riding oleh kanit lantas polsek Cikarang Barat, AKP Suripno, M.H.. Terakhir peserta pulang ke rumah pada pukul 14.00 WIB.


Di hari ke tiga pada pukul 6.30 WIB kami memeriksa kembali alat bawaan serta kedisiplinan peserta. Kemudian kami memperkenalkan pembiasaan ibadah yaitu pembacaan dzikir pagi al-Ma’tsurat. Setelah itu peserta beserta selurus siswa-siswi SMAIT Nurul fajri yang masuk di hari pertamanya melakukan senam bersama di lapangan. Kemudian peserta mendapatkan materi tentang adab dalam belajar oleh Ibu Dra. Era Zamona Chattar. Setelah itu dalam rangka membentuk kemandirian, kekompakan tim, serta entrepreunership peserta, kami menyelenggarakan market time, yaitu para peserta menjajakan produk dagangannya untuk dipasarkan ke masyarakat sekolah. Agenda diselingi dengan istirahat dan pembiasaan ibadah. Kemudian perwakilan dari masing-masing ekskul menampilkan demo ekskul. Ada 5 ekskul yang turut beserta, yaitu paskibra dengan penampilan baris berbaris, tata boga dengan praktik memasak French Toast, tim basket dengan penampilan pola latihan dan permainan basket, karya ilmiah remaja dengan penampilan proyek hasil kerjanya (tempat sampah otomatis, roket air, dll.), serta tim futsal dengan penampilan pola latihan dan permainan futsal. Kemudian peserta bekerja kelompok pada agenda permainan team building. Acara pun diakhiri hingga pukul 14.00 WIB dengan upacara penutupan dan peneyerahan jas almamater SMAIT Nurul Fajri sebagai sismbol bahwa mereka telah resmi menjadi siswa-siswi SMAIT Nurul Fajri.

Secara keseluruhan agenda PLPK 2022 berjalan dengan baik dan lancar. Kami sebagai panitia sejak awal berkomitmen untuk mengedepankan value yang diberikan kepada peserta ketimbang perlakuan kasar dan sikap senioritas, sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada tindak kekerasan baik fisik maupun verbal. Dengan komitmen itu harapannya peserta mendapatkan esensi dari pengenalan lingkungan sekolah itu sendiri. Untuk menjaga kedisplinan, kami menggunakan sistem poin yang mengakumulasi kedisiplinan, ketertiban, dan keaktifan peserta. Dari sistem poin itu kami juga mengapresiasi peserta dengan memberikan reward bagi peraih poin terbanyak. Ucapan terima kasih saya haturkan atas kontribusi dan partisipasi dari berbagai pihak, sehingga akhirnya acara ini terlaksanakan dengan baik. Semoga apa yang telah panitia PLPK 2022 persembahkan menjadi pelajaran dan nilai yang berarti bagi peserta didik baru SMAIT Nurul Fajri.