Sekolah Klaim Lebih Siap Hadapi ANBK 2022

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMKN 11 Kota Bekasi saat mengikuti uji kompetensi keahlian, beberapa waktu lalu. Sejumlah sekolah negeri jenjang SMA maupun SMK di Kota Bekasi mengklaim lebih siap dalam menghadapi ANBK 2022. ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah sekolah negeri jenjang SMA maupun SMK di Kota Bekasi mengklaim lebih siap dalam menghadapi asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) 2022.


Jadwal dan tahapan ANBK dimulai dengan sinkronisasi simulasi AN sejak Juli dan pelaksanaan AN akhir bulan ini. (lihat grafis)


Kepala SMKN 11 Kota Bekasi Kurniawan mengatakan, sekolah lebih siap dalam menghadapi ANBK 2022. Baik dari sisi kesiapan teknis maupun peserta didik.

“Untuk pelaksanaan ANBK tahun ini, kami merasa lebih siap dan mengetahui rules jalan pelaksanaannya, jadi tidak banyak meraba lagi,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (9/8).

Selain itu berdasarkan pengalaman guru-guru yang sudah melakukan survey lingkungan belajar, instrumen yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan tahun yang lalu.

“Berdasarkan pengalaman kami simpulkan bahwa instrumen yang diberikan ke siswa dan guru itu tidak jauh berbeda dengan tahun yang lalu. Sehingga sosialisasi akan kita lakukan sebelum gladi, siswa juga kita akan kondisikan belajar mandiri terkait soal-soal asesmen,” katanya.

Dikatakan, dalam proses sinkronisasi dan simulasi AN tahap pertama dan kedua sekolah hanya melibatkan proktor dan teknisi. Sementara, peserta didik belum dilibatkan.

“Siswa hanya akan kami libatkan dalam proses gladi resik pelaksanaan AN, kalau untuk sinkron dan simulasi kami hanya melibatkan proktor dan teknisi saja untuk mengecek kesiapan server,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Humas SMAN 8 Kota Bekasi Istiyo Wahyuni. “Karena pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, kami merasa lebih siap. Karena kami sudah tahu alur pelaksananya,” ucapnya.

Dikatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ANBK kepada siswa kelas XI agar dapat mempersiapkan diri. “Kami hanya minta siswa yang terpilih untuk mempersiapkan diri, jadi persiapannya memang kami lakukan sama dengan tahun yang lalu. Hanya tahun ini kami lebih siap dalam mempersiapkan segala sesuatunya,” tuturnya.

Menurutnya, siswa maupun guru akan lebih siap dalam mengikuti ANBK. Pasalnya, mereka sudah banyak belajar dari pelaksanaan ANBK tahun sebelumnya.

“Kalau guru karena sudah mengikuti tahun kemarin, mereka sudah jauh lebih siap. Sementara untuk siswa, mereka sudah banyak bertanya ke kakak kelas XII nya bagaimana prosesnya dan bagaimana pelaksanaannya ketika sudah di dalam kelas, jadi merasa sudah jauh lebih siap,” ucapnya. (dew)