Berita Bekasi Nomor Satu

Gebyar Merdeka

Regita Putri Maharani Pengurus OSIS SMAIT Nurul Fajri Kabid. Psikologi

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dua tahun berlalu semenjak COVID-19 melanda dunia, SIT Nurul Fajri Cikarang Barat yang terletak di Jalan Telaga Asih No. 55B dua hari ke depan 15-16 Agustus 2022 kembali mengadakan kegiatan “Gebyar Merdeka” secara luring. Kegiatan ini tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi guru dan siswa di lingkungan SIT Nurul Fajri, karena kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kalinya bagi siswa baru kelas I, VII dan kelas X (IPA dan IPS).

Kegiatan “Gebyar Merdeka” ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya SIT Nurul Fajri dalam rangka memeriahkan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tahun pelajaran 2022/2023 semester ganjil yang bertepatan dengan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-77 Tahun SIT Nurul Fajri mengadakan beberapa cabang lomba “Gebyar Merdeka”. Adapun lomba tersebut terbagi atas dua tingkat pada jenjang SMAIT, untuk kelas X yaitu lomba “Tahfidz, da’i/ceramah, nasyid, storytelling” dan untuk kelas XI dan kelas XII yaitu lomba “Marketday” yang akan menyuguhkan berbagai jenis makanan dan minuman baik olahan tradisional nusantara maupun olahan internasional.

Pada hari pertama perlombaan, para juri dibuat terkesima dengan penampilan dari masing-masing perwakilan siswa kelas X, meskipun dengan jadwal kegiatan sekolah yang sangat padat mereka bisa menampilkan usaha terbaik dari singkatnya waktu latihan persiapan lomba. Tibalah saat hari perlombaan, pada hari pertama perlombaan diperolehlah pemuncak lomba dari beberapa cabang yaitu; lomba tahfidz dengan pemuncak oleh Fachri Zaki Nur Ihsan dari kelas X IPA 2, lomba Da’i dengan pemuncak oleh Andi Rizky Maulana Halik dari kelas X IPA 1, lomba nasyid dengan pemuncak oleh grup nasyid kelas X IPA 2 (Retta, Tabitha, Pram, Bahri, Wafi dan Raffi) dan lomba storytelling dengan pemuncak oleh Mentari Azalia dari kelas X IPS. Pemuncak pada setiap cabang lomba ini akan tampil kembali pada acara puncak “Gebyar Merdeka” esok harinya.

Hari ini, 16 Agustus 2022, tibalah pada acara puncak “Gebyar Merdeka” sejak pagi panitia disibukkan dengan penampilan para pemuncak lomba dari kelas X. Menilik ke sudut lain, suasana di sekitar stand masing-masing kelas XI dan XII terlihat sangat ramai. Siswa-siswi sibuk menyiapkan barang yang hendak dijual. Sebagian tinggal di stand untuk melayani pembeli yang datang, sebagian lain berkeliling sambil menjajalkan jualannya. Stand kelas XII IPA menjual pernak-pernik dan ATK yang beragam, sedangkan kelas XII IPS menjual makanan berat nusantara seperti nasi bakar, nasi kuning, lontong sayur, dan sebagainya dengan harga serba sepuluh ribu rupiah saja. Bergeser ke stand kelas XI IPA 1 yang ramai dikerubungi pembeli. Tidak heran, hari yang saat itu mulai siang dan panas terik membuat orang-orang haus. Kelas XI IPA 1 menjajalkan berbagai minuman menyegarkan. Beralih ke stand kelas XI IPA 2 yang menjual makanan ringan bertemakan western, ada hotdog, french fries, pancake, dan masih banyak lagi. Sedangkan, stand kelas XI IPS dengan makanan nusantaranya, ada seblak, tempe mendoan, cilok, sempol dan masih banyak lagi. Siswa-siswi XI IPS juga terlihat sangat sibuk dengan permintaan pesanan seblak yang terus bertambah.

Meninjau kembali tujuan dari kegiatan ini yaitu “Bangkit dan Semangat dalam Meraih Cita-Cita Mewujudkan Generasi Rabbani” sebagai perwujudan konsep pembelajaran Abad-21 “Socio Religious Contextual Vertically and or Horizontally Integrated Subject Matters and Related Technology” yang diusung oleh SIT Nurul Fajri. Oleh karena itu, tujuan utama terselenggaranya kegiatan ini tak lain dan tak bukan adalah untuk menumbuhkan semangat juang siswa-siswi SIT Nurul Fajri dalam mengembangkan kreatifitas, mengekspresikan diri, dan mengasah skill komunikasi serta percaya diri untuk tampil dimuka umum. Selain itu, sebagai upaya penemuan bakat-bakat Nurul Fajri muda yang akan dilatih dan dibina agar lebih siap menghadapi tantangan dunia di masa akan datang. (*)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin