Berita Bekasi Nomor Satu

Cuaca Hambat Revitalisasi Kali Baru Bekasi

PASANG TANGGUL: Pekerja tengah melakukan pekerjaan proyek revitalisasi Kali Baru, Jakamulya, Bekasi Selatan. MG2/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Proses revitalisasi Kali Baru, Jakamulya, Bekasi Selatan tengah digarap meski sempat mengalami kendala karena faktor cuaca akibat kerap diguyur hujan.

Revitalisasi meliputi pembangunan sistem drainase perkotaan ini diharapkan bisa mengantisipasi banjir yang terjadi di komplek Palem Jakamulya dan sekitarnya. “Alhamdulillah, sudah berjalan (pengerjaan)” ujar Lurah Jakamulya Bahrudin

Dari papan informasi, pembangunan itu dilakukan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi menggunakan anggaran dana bagi hasil provinsi tahun 2022. Estimasi pengerjaan selama 90 hari kerja, dengan biaya Rp 856 juta lebih.

Diketahui sebelum dilakukan perbaikan kali tak mampu menahan debit air serta kerap terjadi penumpukan sampah dan meluap hingga menyebabkan banjir.

”Kalau dulu tidak terlalu besar dan dalam, sehingga banyak sampah yang menumpuk, hingga aliran air tidak dapat mengalir, mengakibatkan banjir di setiap curah hujan tinggi,”paparnya.

Salah satu pengendara Topik (22) sempat merasakan banjir di lokasi tersebut hingga memutus akses jalan. Motornya harus dinaikkan ke gerobak dan didorong ketika akan melintas. Banjir cukup tinggi berkisar 30 hingga 70 cm.

“Banjir ini udah lama dari tahun 2006, kali nya gak diperbaiki terus makanya banyak warga yang ngeluh soal banjir ini banyak yang masuk ke rumah warga. Alhamdulillah sekarang udah perbaikan dan pelebaran kali ini jadi agak tenang kalo hujan datang” pungkas Topik. (mg2)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin