Tekuk Korsel 4-1, Brasil Lolos ke Perempat Final

Para pemain Brasil merayakan gol yang dicetak Vinicius Jr ke gawang Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Pablo Porciuncula/AFP)

RADARBEKASI.ID, DOHA – Timnas Brasil menunjukkan dominasi total atas Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022. Brasil menang dengan skor telak 4-1 dalam laga di Stadion 974, Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Gol kemenangan Brasil lahir dari Vinicius Junior, Neymar, Richarlison, dan Lucas Paqueta di babak pertama. Sedangkan Korea Selatan hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui Paik Seung-ho pada babak kedua.


Kemenangan ini mengantarkan Brasil untuk lolos ke perempat final. Pada babak delapan besar, Brasil akan menghadapi Kroasia. Sebelumnya, Kroasia merebut tiket perempat final setelah mengandaskan Jepang via adu penalti. Bermain imbang 1-1 sampai babak tambahan waktu, Kroasia menang 3-1 pada adu penalti.

Pada babak pertama, Brasil mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu unggul pada menit ke-7 melalui gol yang dicetak oleh Vinicius Junior.


Brasil memiliki peluang emas untuk menambah keunggulan setelah penyerang Richarlison dilanggar oleh pemain tengah Korea Selatan Jung Woo-young di kotak terlarang.

Neymar yang baru kembali membela Selecao maju sebagai algojo dan sukses melaksanakan tugasnya dengan mengirimkan bola ke sisi pojok bawah kanan gawang Korea Selatan sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-13.

Tertinggal dua gol, Korea Selatan berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Mereka sempat memberikan ancaman melalui Hwang Hee-chan. Akan tetapi peluang tersebut bisa dipatahkan oleh Alisson.

Brasil semakin berada di atas angin pada menit ke-29 setelah mencatatkan gol ketiga mereka di pertandingan melalui Richarlison yang memanfaatkan umpan Thiago Silva dan skor berubah menjadi 3-0.

Skuad asuhan Tite tersebut terus berpesta gol ke gawang Korea Selatan. Kali ini Lucas Paqueta yang mencetak gol pada menit ke-36 sehingga skor berubah menjadi 4-0. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Korea Selatan mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat mengancam melalui tendangan Son Heung-min, akan tetapi bola masih bisa ditepis oleh Alisson.

Brasil berbalik menekan, kali ini melalui upaya yang dilakukan oleh Vinicius serta Raphinha. Namun, peluang tersebut masih dipatahkan oleh lini pertahanan Korea Selatan.

Skuad asuhan Paulo Bento mampu memperkecil ketertinggalan melalui tendangan keras gelandang Paik Seung-ho yang tak mampu dibendung oleh Alisson sehingga skor berubah menjadi 1-4 pada menit ke-76.

Pada sisa waktu babak kedua, baik Brasil dan Korea Selatan tidak ada lagi yang menambah gol sehingga skor 4-1 untuk kemenangan tim Samba tetap bertahan.

Dalam pertandingan ini, kejadian menarik lahir pada menit ke-80. Itu setelah kiper utama Alisson digantikan kiper ketiga Weverton.

Pada Piala Dunia Qatar, Brasil menurunkan 26 pemain. Itu termasuk tiga penjaga gawang. Brasil menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Dunia yang menerjunkan 26 pemain dalam satu edisi Piala Dunia. Tidak ada tim manapun di dunia yang pernah melakukan langkah yang ditempuh Brasil itu.

Catatan empat gol pada babak pertama juga sangat impresif. Brasil mengulangi rekor hebat yang tercipta pada 1954. Saat itu, Brasil juga menceploskan empat gol ke gawang Meksiko. (jpc)