Berita Bekasi Nomor Satu

Puluhan Bacaleg PSI Jalani Tahapan Seleksi Wawancara

WAWANCARA: Tim seleksi DPD PSI Kota Bekasi melakukan wawancara kepada bacaleg di kantor Sekretariat DPD PSI Kota Bekasi, Sabtu (17/12/2022). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI Puluhan bakal calon legislatif (bacaleg) PSI untuk perebutan kursi di DPRD Kota Bekasi menjalani proses seleksi wawancara di kantor Sekretariat DPD PSI Kota Bekasi, Sabtu (17/12/2022). Sedikitnya, ada 39 bacaleg yang tergabung di gelombang III hadir dalam rangka mengikuti tahapan tersebut dari total 50 orang yang terdaftar.

“Ini tahapan ke II untuk gelombang III, masih ada tahapan berikutnya. Tapi, gelombang III itu terakhir PSI penerimaan bacaleg. Artinya, kami sudah tidak membuka pendaftaran lagi untuk bacaleg,” kata Ketua DPD PSI Kota Bekasi, Tanti Herawati saat dihubungi Radar Bekasi, Minggu (18/12/2022).

Sis Hera-sapaan Ketua DPD PSI Kota Bekasi-menjelaskan, bahwa dari proses pendaftaran bacaleg partainya dimulai dari gelombang I, II, dan III totalnya, sebanyak 160 orang. Adapun dari seluruh bacaleg yang terdaftar ini masih akan mengikuti dua tahapan seleksi lagi buat ditetapkan sebagai calon legislatif (caleg) di pemilihan legislatif (Pileg) 2024 untuk DPRD Kota Bekasi.

“Jadi, untuk tahapan seleksi kepada bacaleg PSI ini belum final masih ada 2 tahapan lagi yang harus dilewati yakni wawancara dengan juri independen dan wawancara live medsos dengan masyarakat Kota Bekasi, sehingga di tahapan ini masyarakat bisa beri penilaian,” jelasnya.

“Dan terakhir, untuk memastikan diri sebagai caleg PSI ada tahapan lapangan dengan per bacaleg wajib bawa 1000 KTP untuk disetor ke DPD PSI Kota Bekasi. Dan syarat ini akan menjadi penentu lolos atau tidaknya mereka untuk dimasukan ke daftar caleg sementara (dcs) yang didaftarkan ke KPU Kota Bekasi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Wacana Perubahan Dapil, PKS Kota Bekasi Pilih 2 Opsi Ini

Lebih lanjut, diakui Sis Hera, untuk tahapan seleksi wawancara dengan juri independen dan wawancara live medsos, sesuai jadwal akan dilaksanakan pada pertengahan Januari 2023. Dan setelah itu, dilanjutkan ke tahapan lapangan untuk menentukan lolos atau tidaknya sebagai caleg PSI di kontestasi Pileg 2024.

“Nanti pertengahan Januari 2023, insyaAllah kita gelar dua wawancara terakhir,” imbuhnya.

Terakhir, Sis Hera menambahkan, bacaleg ini seluruhnya bukan saja berasal dari kader PSI, tapi ada juga dari masyarakat umum, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kota Bekasi yang sebelumnya ikut mendaftarkan dirinya serta mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditetapkan oleh jajaran partainya.

“Dari proses seleksi yang panjang ini, semua bacaleg wajib mengikuti tanpa terkecuali. Ini dilakukan dalam rangka PSI bisa benar-benar selektif. Dan Alhamdulillah terkait jumlahnya, peminat bacaleg dari PSI menjelang Pemilu 2024 ini lebih tinggi dibanding Pemilu 2019 lalu,” tambahnya.

“Dan tentu kalau dari peminat bacalegnya itu bertambah, maka harapan kami pada Pemilu nanti PSI bisa mendapat hasil terbaik sesuai target yang ditetapkan. Yaitu, meraih 1 fraksi di DPRD Kota Bekasi,” tandasnya. (mhf)

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin