Kehadiran Partai Ummat Ancam Peluang PAN di Pemilu 2024

Kolase logo Partai Ummat dan PAN

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI Kehadiran Partai Ummat akan mengancam peluang Partai Amanat Nasional (PAN) dalam perolehan suara di Pemilu 2024. Sebab, kedua partai ini memiliki ceruk pemilih sama lantaran sama-sama didirikan oleh Amien Rais-yang kini menakhodai Partai Ummat.


Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Jawa Barat Daris tak menampik hal itu.

“Ya mungkin ada benarnya, karena mau tidak mau, suka tidak suka, itu memang benar,” ujar Daris kepada Radar Bekasi, Rabu (4/1/2023).


Daris berujar, PAN hampir dominan diisi oleh loyalis Amien Rais. Ketika Amien Rais keluar dari PAN, banyak para tokoh di partai itu yang ikut merapat di Partai Ummat.

Hal itu lah yang akan mempengaruhi perolehan suara PAN pada Pemilu 2024. “Begitu PAN menendang Amien Rais, otomatis orang-orang itu bakal ikut Amien Rais. Kalau menurut saya seperti itu. Bakal sangat berpengaruh, liatin saja,” tuturnya.

Menyikapi itu, Bendahara DPD PAN Kabupaten Bekasi Maulana Arief Aboy menegaskan, kehadiran Partai Ummat bukan ancaman untuk partainya di Pemilu 2024. Pasalnya PAN dan Partai Ummat punya ceruk pemilih masing-masing.

BACA JUGA: Partai Ummat Jawa Barat Bakal Kumpulkan Pengurus di Daerah

Maulana menegaskan, pihaknya tak menganggap, Partai Ummat merupakan pecahan dari PAN.

“Kalau dibilang punya irisan yang sama, mungkin orang hanya menganggap dari sisi Pak Amien Rais, yang dulu memang mantan Ketua Umum PAN, selaku pendiri PAN. Ini bukan ancaman bagi kita. Karena Partai bukan hanya Ummat saja, masih banyak yang lainnya,” katanya.

Saat ini Aboy menilai, partainya lebih terbuka setelah tidak adanya sosok Amien Rais. Hal itu mengingat pasar-pasar PAN lebih luas, tidak dikotomi dengan satu Ormas tertentu. Atau pun dengan ketokohan tertentu.

“Ketika sudah tidak ada Pak Amien Rais, PAN justru lebih terbuka dalam berpolitik. Saya pikir suatu partai akan menjadi besar ketika sudah bisa lepas dari satu ke tokohan. Insya Allah PAN akan mengalami itu,” ungkapnya. (pra)