Berita Bekasi Nomor Satu

Ketua DPR AS Bertemu Pemimpin Taiwan, Tiongkok Murka

Formasi jet tempur milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) yang tergabung dalam Komando Armada Selatan sebelum lepas landas dalam latihan penerbangan. (China Military )

RADARBEKASI.ID, TAIWAN Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) menggelar latihan militer di sekitar Taiwan. Itu sebagai bentuk respons atas pertemuan Pemimpin Taiwan Tsai Ing Wen dengan Ketua DPR Amerika Serikat Kevin McCarthy di California, Rabu (5/4/2023).

“Sedikit pun Tiongkok tak akan mundur,” demikian bunyi unggahan Komando Armada Timur PLA di akun media sosialnya.

Latihan tersebut digelar sehari sebelum libur nasional Festival Qingming yang dalam tradisi masyarakat Tionghoa diperingati dengan berziarah dan membersihkan makam para leluhur mulai Rabu (5/4/2023).

BACA JUGA: Tiongkok Geram, Kapal Perang AS Berlayar di Laut China Selatan

Latihan yang melibatkan pasukan angkatan darat, laut, dan udara Tiongkok dengan fokus utamanya lebih pada misi pendaratan amfibi itu, dilakukan beberapa saat sebelum pertemuan Tsai-McCarthy digelar.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning di Beijing menyatakan bahwa pihaknya terus memonitor situasi yang berkembang dengan tetap mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas wilayah.

Media penyiaran Tiongkok CCTV melaporkan sejumlah kendaraan lapis baja amfibi tipe 05 memasuki kapal pendaratan Angkatan Laut PLA untuk melakukan serangan ke arah pantai oleh pasukan bersenjata Angkatan Darat Grup 72 PLA.

BACA JUGA: Melongok Satu-satunya Pura di Kabupaten Bekasi

Demikian pula dengan sejumlah helikopter yang diangkut kapal Angkatan Laut PLA lainnya untuk melakukan latihan pendaratan dan penyerangan ke arah pantai pada siang dan malam. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin