Berita Bekasi Nomor Satu

Belajar dari Kegagalan Pemilu 2019  

Herdiansyah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kegagalan kerap memberikan pembelajaran. Adigium itu dipegang teguh Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bekasi, Herdiansyah. Bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) IV  yang meliput wilayah Kecamatan Tambun Utara, Tambelang, Sukawangi, dan Sukatani, Herdiansyah optimis mampu meraih kursi pada kontestasi politiknya kali ini.

“Saya menjadikan kegagalan pada Pileg 2019 adalah sebuah pelajaran yang paling berharga, guna melakukan improvement menuju Pileg 2024,” ujar Herdiansyah, kepada Radar Bekasi, Rabu (9/8/2023).

Perubahan komposisi wilayah dapil di Kab Bekasi pada Pemilu 2024 telah membuat peta persaingan antara para caleg berubah. Seperti yang terjadi di dapil IV. Pada Pemilu 2019, dapil tersebut mencakup Kecamatan Tambun Utara, Tambelang, Sukawangi, Babelan, dan Tarumajaya.

Berubahnya komposisi wilayah di dapil ini membuat sejumlah pihak menilai persaingan di dapil IV menjadi arena tarung yang “ramah” bagi para penggawa baru.

BACA JUGA: Bacaleg PAN Wajib Terapkan Politik Santun

Pasalnya berdasarkan catatan yang dimiliki Radar Bekasi, dua dari lima incumbent yang kembali bertarung merupakan hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) di akhir-akhir masa jabatan. Mereka yakni Karsih (PAN) dan M Himawan Abror (PPP). Sedangkan tiga incumbent lainnya, Repsih Munggahwati (Gerindra), Mustaqim Marzuki (PKS), dan Budiono (Perindo).

Pileg 2024 merupakan pengalaman kedua Herdiansyah dalam berkontestasi sebagai calon wakil rakyat di Kabupaten Bekasi. Setelah sebelumnya di Pileg 2019, dirinya harus mengakui kehebatan lawan-lawannya. Berbekal pengalaman di 2019, kini dirinya lebih memperkuat dan menambah jaringan kader di setiap RT di empat kecamatan yang berada di Dapil IV ini.

Dengan mengusung tagline ‘Pejuang Aspirasi Rakyat’, politikus asal Tambelang ini yakin bisa menggaet para pemilih dari semua golongan, mulai pemuda, intelektual, petani, buruh, pengusaha, emak-emak, dan berbagai macam profesi. Saat ini dirinya sudah mulai terjun langsung ke tengah masyarakat untuk mendengar, melihat, dan menampung aspirasi masyarakat.

“Tujuan saya kembali maju dalam kontestasi Pileg, jelas yaitu memperjuangkan aspirasi rakyat dengan kewenangan yang saya miliki sebagai anggota DPRD. banyak hal yang harus saya perjuangkan,” katanya. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin