Berita Bekasi Nomor Satu

KPU Kota Bekasi Tetap Fasilitasi Pemilih Disabilitas

Kantor KPU Kota Bekasi. FOTO: RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap memfasilitasi penyandang disabilitas menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Termasuk pemilih yang sedang sakit dan tidak bisa hadir ke TPS baik saat Pemilu Presiden, Legislatif maupun Kepala Daerah.

Kasubag Teknis KPU Kota Bekasi, Kusbimo Arif Seno menyampaikan panitia dari KPU akan mendatangi ke kediaman pemilih yang memiliki kebutuhan khusus atau sedang sakit yang tidak bisa datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Contoh yang yang tidak bisa baca, itu bisa datang ke TPS tapi didampingi oleh orang yang dipercaya. Tapi kalau untuk warga yang difabel maupun sakit tidak bisa ke TPS itu akan kita sambangi kerumahnya,” kata Bimo sapaan akrabnya kepada Radar Bekasi, Senin (30/10/2023).

Dia menjelaskan, pemilih di Kota Bekasi ada sebanyak 1.809.574. Sementara untuk pemilih disabilitas pihaknya belum mengetahui angka pasti.

“Datanya total yang difabel itu ada. Tapi kalau yang sakit itu kita tidak ada. Yang pasti total pemilih itu ada 1.809.574 suara di Kota Bekasi,” ucapnya.

BACA JUGA: Lima Komisioner KPU Kabupaten Bekasi Periode 2023-2028 Resmi Dilantik, Ali Rido jadi Ketua

Pihaknya saat ini masih menunggu arahan dari KPU RI terkait tata cara untuk pemilih disabilitas. Kemungkinan, tatacara sama seperti tahun sebelumnya.

“Kita akan tunggu arahan dari KPU Pusat. Untuk tata cara pemilu difabel dan orang yang sakit tidak bisa hadir ke TPS,” terangnya.

Dijelaskannya, orang yang tidak sehat jiwanya dianggap tidak memiliki hak suara, karena keberadaannya tidak mencerminkan kesehatan mental yang memadai. Oleh karena itu, mereka tidak dihitung sebagai pemilih dalam pemilu yang akan datang.

“Yang pasti orang tidak sehat jiwa dan pikirannya itu tidak ada hak pilih. Kecuali yang difabel dan orang sakit tubuhnya itu ada hak suara di Pemilu,” tukasnya. (pay)

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin