Berita Bekasi Nomor Satu

Sekda Kota Bekasi Ingatkan OPD Capaian PAD Rendah

Sekda Kota Bekasi Junaedi. Foto Ahmad Pairudz/Radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi akhir triwulan ketiga memasuki triwulan keempat masih rendah, di bawah 80 persen. Jauh di bawah tahun lalu periode yang sama.

“Saat ini capaian PAD kita baru 69 persen atau Rp 2,1 triliun lebih,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi Junaedi kepada awak media, Selasa (31/10/2023).

Junaedi mengungkapkan, salah satu penyebab masih rendahnya capaian PAD Kota Bekasi belum ada evaluasi di tingkat OPD atas capaian PAD.

BACA JUGA: PAD Belum Capai Target, Komisi 3 DPRD Kota Bekasi Pertanyakan Kinerja Bapenda

Menurutnya, tradisi evaluasi yang dilakukan setiap Senin atas raihan PAD seperti capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di tingkat kecamatan, kini nyaris tidak ada lagi.

“Jadi seharusnya dibiasakan kebiasaan itu. Tapi sekarang kan engga ada lihat. Siapa lurah yang terendah, mana yang ini nggak ada. Kalau dulu disuruh maju. Bukan mempermalukan tidak, bagaimana memaksimalkan kita agar pendapatan tinggi, sekarang nggak ada, yang terendah nggak ada, yang tertinggi nggak disampaikan,” paparnya.

Karena itu, sambung Junaedi, pihaknya mengingatkan kembali capaian PAD agar menjadi perhatian semua OPD untuk melakukan evaluasi. Sebab hanya tersisa waktu 2 bulan lagi. Sementara data yang ada saat ini terlihat masih tertinggal bila dibandingkan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bekasi sudah mencapai 90 persen sedangkan Kota Bekasi masih jauh dari target.

BACA JUGA: Sekda Ingatkan ASN Jalankan Tugas Sebaik-baiknya

Junaedi menargetkan, sampai akhir tahun ini PAD Kota Bekasi dapat mencapai 90 sampai 95 Persen. Dengan waktu yang tersisa kepada OPD diharapkan bertanggungjawab atas capaian masing-masing.

“Saya bukan mempermalukan, sekali lagi tidak. Kita sama-sama membangun Kota Bekasi, sedikitpun tidak berpikiran untuk mempermalukan, tapi kita lihat untuk saling introspeksi kaitan dengan pendapatan,” ucapnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin