Berita Bekasi Nomor Satu

Anggota DPRD Kota Bekasi Chairoman Ajak Masyarakat Terlibat dalam Pengelolaan Sampah

Anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS, Chairoman Juwono Putro  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Masalah sampah di Kota Bekasi hingga saat ini belum terselesaikan dengan optimal. Hal ini bisa dilihat banyaknya tumpukan sampah liar di sejumlah sudut di Kota Bekasi, bahkan hingga ke sungai.

“Kondisi ini butuh penanganan serius. Pemerintah tak bisa berjalan sendiri tanpa keterlibatan masyarakat dalam mengatasi masalah sampah,” ungkap anggota  DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS, Chairoman Juwono Putro.

Menurutnya, pengelolaan sampah yang belum maksimal itu mengakibatkan ketergantungan yang besar pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu. Sementara itu, tidak semua sampah yang dihasilkan mampu tertampung di TPA.

Menurut politisi yang akrab disapa bang Choi ini, salah satu solusi untuk mengatasi masalah itu adalah melibatkan masyarakat dalam upaya pemilahan sampah sejak tingkat rumah tangga, agar jumlah sampah yang berakhir di TPA dapat dikurangi.

“Sekarang fakta lapangan, mereka pertama masih mencampur antara organik anorganik. Yang kedua juga mereka masih membuang sampahnya masih sembarangan gitu ya, ada yang ke sungai, ada yang di jalan,” terangnya.

Sampah organik harusnya bisa diolah menjadi kompos maupun jadi media pakan maggot. Sementara sampah anorganik dapat diidentifikasi untuk nilai ekonomi atau diolah melalui bank sampah.

Oleh karena itu, ia menilai, pengelolaan sampah ini harus mulai ditumbuhkan di kalangan masyarakat. Selain itu, manajemen pengelolaan sampah harus terukur dengan baik.

“Dengan keterlibatan masyarakat, saya berharap sedikit demi sedikit masalah sampah bisa tertangani dengan baik,” tandasnya. (Adv/DPRD)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin