Berita Bekasi Nomor Satu

KPU Bekasi Pastikan Distribusi Logistik Selesai

DISTRIBUSI LOGISTIK: Petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) diawasi pihak kepolisian dan TNI melakukan distribusi logistik Pemilu 2024 di Muaragembong, Kabupaten Bekasi, kemarin. ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi memastikan bahwa distribusi logistik Pemilu 2024 telah selesai.

“Alhamdulilah tadi malam (Minggu, red) kita sudah bisa selesaikan, tersebar di 8.417 TPS se-Kabupaten Bekasi. Jadi per hari ini sudah semua logistik kita distribusikan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Ridho, kepada Radar Bekasi, Senin (12/2/2024).

Setelah distribusi logistik sampai ke PPK, dipastikan kotak suara tersebut segera didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan memperhatikan jumlah sesuai data yang mereka miliki. Meskipun cuaca seringkali diguyur hujan, KPU memastikan bahwa setiap pihak terkait bertanggung jawab menjaga kondisi logistik.

Perihal keamanan gudang logistik, pihaknya mengklaim dalam kondisi aman, bebas dari kebocoran, terlindungi dari hujan, percikan air, dan faktor lainnya. Pernyataan tersebut ditegaskan dengan mempertimbangkan fakta bahwa gudang penyimpanan di setiap kecamatan tidak semuanya berada di tempat yang dimiliki oleh pemerintah.

Beberapa tempat penyimpanan menggunakan gudang milik swasta yang telah menjalin kerjasama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

BACA JUGA: PLN Bekasi Siagakan 225 Personil Jaga Keandalan Pasokan Listrik pada Pemilu 2024  

“Sesuai ketentuan distribusi logistik dari PPK ke PPS tertanggal 13 Februari. Hari ini 12 Februari sudah bisa dipastikan logistik pemilu sudah didistribusikan ke teman-teman PPS. Kita akan mendistribusikan kotak ke teman-teman PPS sebelum 13 Februari,” ucapnya.

Meskipun curah hujan belakangan ini cukup tinggi, KPU belum merekomendasikan pemindahan titik Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurut Ali, saat ini mereka hanya mengambil langkah antisipatif, meski sudah terindikasi oleh Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa titik tersebut mengalami genangan air, banjir, dan sejenisnya. Meski demikian, titik lokasi TPS tetap dipertahankan di tempatnya saat ini.

“Kita tidak juga melawan ketentuan yang maha kuasa sang pemilik segalanya. Kita masih bertahan di titik yang sudah dibuat. mudah-mudahan saja nanti tidak hujan. Namun antisipasi perlu, keterkaitan kondisi demikian. Nanti kita akan lakukan langkah preventif, terhadap teman-teman KPPS di lapangan, mulai PPK dan PPS,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, dirinya mewanti-wanti mulai dari PPK, PPS, serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), agar bisa menjaga keamanan logistik Pemilu dan menjaga kesehatan masing-masing.

“Kita pastikan logistik ini harus bisa tersimpan dan terdistribusi dengan baik secara mutu dan kualitas, serta jumlahnya. Saya juga berpesan agar bisa menjaga kesehatan, karena sebentar lagi kita akan melaksanakan hajat lima tahunan yang merupakan bagian pesta demokrasi,” tuturnya. (pra)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin