Berita Bekasi Nomor Satu

Dugaan Penggelembungan Suara Caleg Dapil 1 Bekasi Selatan-Bekasi Timur Dilaporkan ke Bawaslu Kota Bekasi, Bawaslu Bilang Begini

Sekjen LKBH Hipakad 63 melaporkan dugaan penggelembungan suara caleg ke Bawaslu Kota Bekasi, Jumat (1/3/2024).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dugaan penggelembungan suara calon legislatif (caleg) daerah pemilihan (Dapil) 1 Bekasi Selatan-Bekasi Timur, dilaporkan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Hipakad 63 ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi.

Sekjen Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Hikapad’63, Joko S Dawoed membenarkan pihaknya mengirim surat laporan terkait dugaan penggelembungan suara caleg ke Bawaslu Kota Bekasi hari ini, Jumat (1/3/2024).

“Kita meminta klarifikasi dari Bawaslu Kota Bekasi dan KPU Kota Bekasi terkait dugaan penggelembungan suara saat rekapitulasi di Bekasi Selatan,” kata Joda, sapaan akrab Joko S Dawoed kepada Radarbekasi.id, Jumat (1/3/2024).

BACA JUGA: Dugaan Penggelembungan Suara Caleg Dapil 1 Bekasi Selatan-Bekasi Timur, Parpol Ini Protes

Joko mengatakan, surat yang dikirimkan ke Bawaslu Kota Bekasi juga dikirimnya ke Bawaslu Provinsi Jawa Barat, KPU Kota Bekasi, PPK Bekasi Selatan dan Panwascam Bekasi Selatan.

Dari surat yang dikirim, klaim Joda, pihaknya tidak ada kepentingan baik dari partai atau pun caleg yang dirugikan. Jika benar ada penggelembungan suara, pihaknya meminta untuk dilakukan penghitungan ulang.

“Penggelembungan itu damai di tubuh PDI-P. Saya sekali lagi tidak ada kepentingan. Saya ingin ada klarifikasi dari Bawaslu maupun KPU,” ujarnya.

BACA JUGA: Dugaan Penggelembungan Suara Caleg Dapil 1 Bekasi Selatan-Bekasi Timur, Ketua KPU Minta Ini ke PPK

Ia mengaku, suratnya sudah diterima oleh Bawaslu Kota Bekasi. KPU Kota Bekasi, PPK dan Panwascam Bekasi Selatan serta KPU Provinsi Jawa Barat.

“Intinya kami ingin mengetahui yang sebenarnya. Agar masyarakat juga mengetahui benar tidaknya dugaan penggelembungan suara di Bekasi Selatan. Kita ingin penyelenggaraan Pemilu bersih, jujur dan transparan,” tukasnya.

Terpisah, Koordinator Divisi (Koordiv) Penanganan Pelanggaran Data Bawaslu Kota Bekasi, Muhammad Sodikin mengaku dirinya belum menerima laporan dari petugas di Bawaslu Kota Bekasi terkait laporan dari LKBH Hipakad’63.

BACA JUGA: Soal Dugaan Penggelembungan Suara Caleg, Hipakad Ingatkan Oknum PPK dan Caleg di Bekasi

“Nanti saya cek dulu ya. Saya belum tahu ada yang laporan,” singkatnya. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin