Berita Bekasi Nomor Satu

Pengawasan Asesmen Sumatif Akhir SD dan SMP Ditunjuk Sekolah

UJIAN SEMESTER: Sejumlah siswa SMPN 34 Kota Bekasi saat mengikuti ujian semester sebelum memasuki ASAJ) di dalam kelas. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI Seluruh siswa SD dan SMP di Kota Bekasi mengikuti Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) secara serentak pada 13-20 Mei 2024.

ASAJ merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk menentukan apakah peserta didik layak dinyatakan lulus atau tidak.

“Dari segi persiapan, kami pastikan seluruh sekolah sudah siap, baik dari kepanitian, pengawas, hingga tempat pelaksanaan,” ujar Pengawas Gugus I, II dan IV SD Kota Bekasi, Supyanto kepada Radar Bekasi, belum lama ini.

Supyanto menjelaskan bahwa sistem pengawasan ASAJ ditunjuk oleh masing-masing sekolah, tanpa adanya sistem silang antar sekolah. “Pengawasnya berasal dari guru atau tenaga pendidik sekolah masing-masing,” terang Supyanto.

Ia juga menyarankan agar kisi-kisi ujian telah disampaikan dengan baik kepada para siswa sebelum pelaksanaan ASAJ, sehingga mereka memiliki persiapan yang matang.

BACA JUGA: Surat Keterangan Lulus Sekolah Bisa Dicetak secara Mandiri

“Yang terpenting adalah, sekolah harus memastikan bahwa kisi-kisi ujian sudah tersampaikan, agar siswa punya bekal saat pelaksanaan ASAJ,” imbuh Supyanto.

Hal senada juga disampaikan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Bekasi, Muktia Wahyudi Isra. Dikatakan bahwa pelaksanaan ASAJ tingkat SMP dilakukan serentak mulai 13 Mei 2024.

Muktia menjelaskan bahwa sekolah telah mempersiapkan segala kebutuhan, mulai dari pembentukan panitia, ruang ujian, pencetakan kartu ujian, pengawas, hingga materi kisi-kisi. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin