Berita Bekasi Nomor Satu

7.131 Pantarlih di Kota Bekasi Dilantik

Jajaran KPU Kota Bekasi saat rapat Koordinasi Pembentukan Pantarlih dan Bimtek Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih bagi PPK dan PPS Pilkada 2024. FOTO: ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 7.131 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kota Bekasi akan dilantik setelah dipastikan terpilih dalam proses rekrutmen yang berlangsung sejak 13-19 Juni 2024. Pengukuhan dilakukan di setiap kantor kelurahan yang dipimpin oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Senin (24/6/2024).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi, mengatakan pelantikan Pantarlih dilaksanakan bersamaan dengan bimbingan teknis (Bimtek).

“Memang besok (Senin, red) rencananya 24 Juni akan diadakan pelantikan dan Bimtek secara bersama-sama seluruh Indonesia,” kata Afif kepada Radar Bekasi, Minggu (23/6).

Menurutnya, pelantikan Pantarlih dan Bimtek akan berlangsung di kantor kelurahan masing-masing. Pasalnya, jumlah petugas Pantarlih di Kota Bekasi mencapai 7.131 orang yang tersebar di masing-masing kelurahan. Sebelumnya, KPU sudah memberikan Bimtek untuk PPK dan PPS, sehingga diharapkan mereka bisa melaksanakan Bimtek.

BACA JUGA: Pilkada Gunakan E-Coklit, KPU Kota Bekasi Prioritaskan Kaum Muda Melek Teknologi dalam Rekrutmen Pantarlih

“Jumlahnya cukup besar, makanya kita serahkan ke PPS untuk melakukan pelantikan dan Bimtek itu. Hampir 95 persen di kantor kelurahan, untuk sisanya harus melaksanakan di kantor lain karena ada kantor kelurahan yang renovasi,” ucapnya.

Setelah pelantikan dan Bimtek, Pantarlih langsung melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit). PPS akan mengatur logistik, termasuk dalam rangka kerja di lapangan. Dalam melakukan pencoklitan, petugas Pantarlih dibekali tujuh item standar, di antaranya topi, rompi, ID Card, dan melakukan koordinasi dengan kantor RT/RW.

“Mudah-mudahan dibantu sama RT, karena petugas Pantarlih yang tinggal di RT dan RW tersebut. Ketika mereka turun ke masyarakat, mereka akan mencocokan data, yang harus dipersiapkan oleh masyarakat KK dan KTP, untuk mencocokan saja di rumah tersebut,” katanya. (pra)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin