RADARBEKASI.ID, BEKASI – Living World Grand Wisata resmi dibuka, Sabtu (22/2). Beroperasinya mal baru di wilayah Tambun Selatan Kabupaten Bekasi ini telah menyerap ribuan tenaga kerja lokal.
Living World Grand Wisata merupakan pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Sahabat Duta Wisata, perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land.
Dengan luasan commercial area lebih dari 58 ribu meter persegi, Living World Grand Wisata menjadi pusat perbelanjaan dengan konsep “Home Living & Eat-tertainment” terbesar di area timur Bekasi. Ada 250 tenant mulai dengan merek lokal hingga internasional di mal ini.
Direktur Utama PT Sahabat Duta Wisata, Sugiyanto Wibawa, menuturkan Living World Grand Wisata dirancang untuk menjadi lebih dari sekadar tempat berbelanja, tetapi juga menjadi destinasi favorit warga Bekasi dan sekitarnya dalam memenuhi kebutuhan hunian, gaya hidup, dan menikmati hiburan bersama keluarga dan orang terdekat.
“Untuk mewujudkan visi tersebut, Living World Grand Wisata menghadirkan keunggulan pada desain arsitektur, fasilitas, dan infrastruktur untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung,” ujarnya saat seremoni grand opening Living World Grand Wisata , Sabtu (22/2).
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bapak Asep Surya Atmaja, menuturkan bahwa Living World Grand Wisata bukan sekadar pembukaan pusat perbelanjaan baru, namun juga menjadi tonggak penting perkembangan kawasan dan pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bekasi.
“Terima kasih saya ucapkan pada Living World Grand Wisata Bekasi karena telah menyerap lebih dari 2.500 talenta terbaik dari Kabupaten Bekasi dan sekitarnya,” ujarnya.
“Kami juga mengapresiasi Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land yang konsisten membangun kawasan ini, saya yakin dengan sinergi dari Pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat, kawasan ini akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan di Kabupaten Bekasi,” imbuhnya.
Sementara, Herry Hendarta selaku Wakil Direktur Utama PT Sahabat Duta Wisata dan juga menjabat sebagai Deputy Group CEO Strategic Development and Assets Sinar Mas Land, menambahkan Sinar Mas Land selalu berkomitmen untuk menghadirkan kawasan hunian dan komersial yang tidak hanya nyaman, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui beragam inovasi dan fasilitas terbaik untuk para penghuninya.
Setelah sukses menghadirkan Living World di Kota Wisata Cibubur pada tahun 2024, kali ini kami dengan bangga mempersembahkan Living World terbaru di Grand Wisata.
“Kehadiran mal ini tidak hanya melengkapi proyek mixed-use yang dikembangkan Sinar Mas Land, tetapi juga menjadi bukti nyata upaya kami untuk mewujudkan kawasan township yang modern. Dengan fasilitas lengkap, Living World Grand Wisata hadir untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat sekaligus memperkuat posisi Grand Wisata sebagai kota mandiri terdepan di Indonesia,” ungkapnya.
Dalam momen grand opening ini, Living World Grand Wisata menegaskan komitmennya dalam mendukung pengembangan merek lokal dengan menghadirkan berbagai pameran seperti Bekasi Beauty Pop Up Fest dari Paragon Group, Berjajanria dengan kuliner Asia, serta wahana ball pool dari Funworld untuk yang akan menemani pengunjung dan keluarga selama momen Ramadan.
Sebagai dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bekasi, Living World juga menyediakan ruang bagi UMKM binaan di bidang kuliner, kriya, dan fashion batik Jawa Barat.
Living World Grand Wisata juga menghadirkan berbagai program belanja bertajuk Shop & Celebrate yang berlangsung dari 22 Februari hingga 6 April 2025, dimana pengunjung berkesempatan memenangkan voucher belanja dan hadiah menarik, serta menikmati promo Buy 1 Get 1 di berbagai tenant. Selain itu, program undian Shop & Win Spectacular juga akan berlangsung dari 22 Februari 2025 hingga 31 Januari 2026, dengan hadiah utama mobil Honda WR-V.
Dari sisi arsitektur, desain interior Living World Grand Wisata sarat dengan keindahan nuansa alam yang menonjolkan unsur seperti air, sungai, dan warna biru batik indigo. Konsep ini diwujudkan dengan kehadiran air mancur, dan dominasi warna biru pada interior, khususnya di lantai Lower Ground, serta ornamen-ornamen ikonik yang menghiasi mal.
Demi kenyamanan pengunjung, Living World Grand Wisata menghadirkan area terbuka untuk berjalan santai, menikmati berbagai event & exhibition sambil duduk di area amphitheater berkapasitas hingga 50 orang.
Mal ini juga memiliki area parkir yang luas dan dirancang dengan sistem smart parking berkapasitas hingga 1.700 mobil dan 1.500 motor, toilet dengan desain yang unik dan modern, nursery room yang nyaman untuk ibu dan anak, dan ATM center yang menghadirkan layanan perbankan untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan transaksi keuangan.
Living World Grand Wisata mengusung konsep berkelanjutan dengan penerapan konsep energy efficient architecture, seperti memanfaatkan sinar matahari sebagai pencahayaan alami melalui skylight dari jendela berbahan kaca double glazing yang menghambat panas matahari masuk ke dalam ruangan sehingga menghemat penggunaan AC.
Living World Grand Wisata juga menerapkan sistem AC berefisiensi tinggi sehingga berpotensi menghemat energi listrik hingga 25 persen, penggunaan lampu LED pada area mal, serta menerapkan konsep zero waste water system untuk mengelola kembali limbah air yang dapat digunakan kembali untuk menyiram tanaman di area green park Living World Grand Wisata seluas 2 ribu meter persegi.
Living World Grand Wisata juga berkolaborasi dengan Setali Indonesia untuk mempersembahkan art installation dan berbagai aktivitas upcycling atau daur ulang. Inisiatif ini tidak hanya mendorong gaya hidup ramah lingkungan, tetapi juga mengajak masyarakat untuk melestarikan alam, sehingga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan komunitas sekitar. (oke)











