Politik

Apresiasi Kucuran Kredit BJB untuk Masyarakat Jabar

Abdul Jabar Majid, Anggota Komisi 3 DPRD Provinsi Jabar

Anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Jabar Majid (kiri), sedang berbicang saat menghadiri salah satu kegiatan.

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mempunyai dua fungsi besar untuk masyarakat. Salah satunya yakni, pengembangan ekonomi dengan berbagai bantuan yang akan diberikan BUMD. Hal itu bisa di lihat dari BUMD dalam bidang keuangan, yakni Bank Jabar Banten (BJB).

Anggota komisi 3 DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Jabar Majid mengatakan, BUMD mempunyai fungsi mengembangkan ekonomi masyarakat dengan berbagai bantuan. Seperti yang dilakukan oleh BUMD terbesar dalam bidang keuangan, Bank Jabar Banten (BJB).

Dalam hal ini, dirinya menjelaskan, Jawa Barat hanya menyuntikan modal Rp3 triliun. Kemudian, dengan kekuatan BJB itu sebagai sebuah bank, sampai akhirnya bisa mengumpulkan dana dari berbagai sisi, tercatat aset yang sekarang dimiliki lebih dari Rp130 triliun.

Lalu, sambung politisi PKS ini, dari Rp130 triliun, sekitar Rp100 triliun diantaranya, digunakan untuk memberikan pembiayaan kepada masyarakat dari berbagai bidang. Walaupun memang, pembiayaan yang diberikan secara kredit.

“BJB telah memberikan bantuan kepada masyarakat di Jawa Barat lebih dari Rp90 triliun. Itu yang tidak dilihat oleh orang. Jadi membantu pengembangan ekonomi masyarakat melalui kredit,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (27/2/2021).

Sebagai salah satu BUMD, kata dia, dari BJB pemerintah mendapatkan Rp300 miliar dalam satu tahun. Untuk keseluruhan, dirinya mengungkapkan, BUMD yang ada di Jawa Barat ini sekitar 13. “Kalau keseluruhan di Jawa Barat itu ada 13 BUMD, ada BUMD pengelolahan sampah, dan lainnya,” ucapnya. (pra/adp)

Related Articles

Back to top button