Politik

Ajak Semua Elemen Aktivasi Bank Sampah di Kota Bekasi 

H.Chairoman J. Putro, Ketua DPRD Kota Bekasi

RADARBEKASI, BEKASI – Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman J. Putro, hadiri produksi Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi, Jumat (28/10) di rumah produksi BSIP.

Bang Choi, biasa akrab disapa, mengapresiasi kinerja BSIP dalam membantu mengolah sampah menjadi barang yang unik dan bernilai tinggi.

“Saya kagum bagaimana sampah plastik bisa dijadikan tas, dompet, souvenir serta minyak jelantah yang dapat disulap menjadi sabun pencuci piring,” kata Chairoman, dewan terpilih empat periode.

Direktur BSIP Eddy Supangkat menyebutkan, sampah yang kini berada di TPST Bantargebang perhari telah mencapai 7.500 ton dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah adalah kesadaran individual tiap rumah tangga itu sendiri.

“Saat ini kondisi di Bantargebang kian memprihatinkan, sudah mencapai dua gunung sampah dan itu akan terus bertambah jika kita tidak menanggulanginya bersama, untuk itu mari bapak ibu dan semua, agar memulai kesadaran, untuk jangan terlalu sering menggunakan plastik, karena plastik adalah sampah yang tidak mudah terdaur ulang,” papar politisi PKS ini.

Chairoman juga menjelaskan, peran pengurangan sampah itu dari semua pihak bukan hanya dari pihak tertentu saja.

“Bank Sampah ini tidak bisa diserahkan ke masyarakat saja, memang harus semua pihak, dari hulu ke hilir, saling bekerjasama dengan baik,” imbuhnya.

Chairoman juga berharap peran bank sampah ini bisa dilakukan di rumah dan lingkungan masing-masing.

“Saya berharap, peran bank sampah khususnya BSIP, lebih menggalakkan kembali gerakan bank sampah sebagai gerakan yang aktif dan berasal dari masyarakat itu sendiri,” pungkas Chairoman (zar/tau/adv)

Related Articles

Back to top button