Berita Bekasi Nomor Satu

Warga Negara Asing Semakin Mudah Miliki Hunian di Cikarang

Jajaran Direksi J Trust Bank dan PT Grahabuana Cikarang meninjau unit di Kawana Golf Residence, Selasa (9/8/2022). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Warga negara asing kini semakin mudah untuk memiliki hunian di Cikarang. Hal itu setelah PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) melakukan penandatangan kerja sama dengan PT Grahabuana Cikarang (Jababeka Residence) dan PT Jababeka Creed Residence (Kawana Golf Residence), untuk pembiayaan kepemilikan tempat tinggal di kawasan hunian “Jababeka Residence” Cikarang Kabupaten Bekasi.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai bersama Direktur J Trust Bank R. Djoko Prayitno  dan Director PT Grahabuana Cikarang Hyanto Wihadhi serta Managing Director PT Grahabuana Cikarang Marcus Lee di Function Room II Jababeka Golf and Country Club, Selasa (9/8/2022).

Kerjasama tersebut tidak hanya memudahkan warga negara asing (WNA), tetapi juga warga negara Indonesia (WNI) untuk mendapatkan fasilitas kredit kepemilikan rumah (KPR) maupun kredit kepemilikan apartemen (KPR).

J Trust Bank meyakini bahwa peluang sektor properti untuk bangkit di tahun ini terbuka lebar. Seiring dengan upaya pengendalian pandemi Covid-19 yang berjalan baik seperti capaian vaksinasi penguat (booster) yang terus meningkat dan angka penyebaran yang dapat dikendalikan.

“J Trust Bank sangat bersemangat bekerja sama dengan PT Grahabuana Cikarang dan PT Jababeka Creed Residence. Hal ini sebagai dukungan kepada masyarakat agar memiliki tempat tinggal yang berkualitas dan bernilai investasi yang menguntungkan,” ungkap Ritsuo.

Lebih lanjut dikatakannya, didukung dengan produk KPR J Trust Bank yang sangat kompetitif, dengan bunga yang terjangkau dan jangka waktu pembiayaan hingga 30 tahun, maka memiliki hunian di Jababeka Residence, bagian dari Kota Jababeka yang modern, mandiri, dan lengkap merupakan hal yang mudah.

“Penawaran istimewa dari J Trust Bank untuk Jababeka Residence dan Kawana Golf Residence ini juga berlaku bagi warga negara asing (WNA), dimana belum banyak perbankan yang memberikan pelayanan produk KPR/KPA bagi WNA,” sambung Ritsuo.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur J Trust Bank R. Djoko Prayitno menambahkan, syarat KPR/KPA bagi WNA berbeda dengan WNI. Bagi warga asing terdapat persyaratan khusus.

“Ada persyaratan khusus. Dari kita mitigasi sendiri. Kalau lokal lebih mudah karena keluarga mereka di sini,” ujar Djoko.

Hingga akhir Mei 2022, kinerja J Trust Bank tumbuh positif. Pada sisi kredit, mencatat pertumbuhan sebesar 38 persen yaitu Rp13,82 triliun dari sebelumnya sebesar Rp10,01 triliun per Desember 2021.

Sedangkan pada sisi simpanan melalui instrumen tabungan, giro, dan deposito J Trust Bank menghimpun DPK sebesar Rp19,13 triliun atau tumbuh 20 persen dari sebelumnya sebesar Rp15,95 triliun pada akhir Desember 2021.

Sementara, Marcus Lee menyampaikan, Kota Jababeka adalah kota mandiri yang terletak 40 menit dari pusat kota Jakarta dan menjadi salah satu pusat perekonomian Indonesia.

Kota Jababeka hadir sebagai solusi destinasi hunian, bisnis dan investasi terbaik di koridor Timur Jakarta. Kota Jababeka dengan luas 5.600 hektar telah menjadi tempat berbisnis bagi lebih dari 2000 perusahaan nasional dan multinasional yang berasal dari 30 negara dengan jumlah pekerja mencapai satu juta jiwa serta jumlah populasi mencapai lebih dari 1,2 juta jiwa.

Sedangkan, GM Corporate Marketing PT Graha Buana Cikarang dan Direktur PT Jababeka Creed Residence Eric Limansantoso mengatakan, J Trust Bank merupakan satu dari sedikit bank yang bisa memberikan KPR/KPA bagi WNA.

“Ini menjadi poin plus,” ucap Eric.

Dikatakannya, banyak warga negara Jepang yang beraktivitas maupun tinggal di kawasan Jababebeka. Namun selama ini mereka kesulitan untuk membeli tempat tinggal.

“Banyak orang Jepang yang tinggal di sini, tapi mereka kesulitan untuk membeli. Tidak semua dari mereka pikirannya membayar tunai atau dengan cicilan. Ini J Trust Bank bisa menjadi solusi, ini dari sisi Jepangnya,” kata Eric.

Eric menyebut, warga asing yang berada di Jababeka mencapai puluhan ribu. Dirinya berharap, potensi yang sangat besar ini dapat digarap secara maksimal.

“Kita ada 10 ribu orang asing di sini Jepang dan Korea. Kita berharap dari J Trust Bank (bisa menjangkau,Red,” ujar Eric.

Menurutnya, Jababeka dan J Trust Bank memiliki visi yang sama. Yakni dapat menjangkau semua kalangan demi memudahkan masyarakat memiliki hunian.

“Kalau kita bicara dari masyarakat umum, tadi pak Joko cerita gojek yang berpenghasilan tetap aja mau dibiayai dengan tenor sampai 30 tahun. Ini cocok sekali dengan Jababeka,” ujarnya.

“Karena memang kita tidak bisa pungkiri Jababeka ini gak mungkin 5.600 hektar semuanya fokus pada kelas atas. Kita ini supermarket, kita ini ada rumah yang Rp500 jutaan, Rp800 juta, Rp1 miliar, yang sampai kedepannya nanti starting harga rumah dari Rp4 miliar. Tentu kita harapkan bisa MoU lagi dengan J Trust Bank,” pungkasnya. (oke)

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin