Berita Bekasi Nomor Satu

Varian Baru Covid -19 BN.1 Sampai di Jakarta, Begini Kondisinya

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa kasus virus Covid-19 barian baru, BN.1 sudah ditemukan di Jakarta. (Antara).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Varian baru Covid-19, yaitu BN.1 ternyata sudah sampai di Jakarta. Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengklaim kondisi masih terkendali.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa kasus virus Covid-19 barian baru, BN.1 sudah ditemukan di Jakarta. Namun begitu, Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinkes DKI, Ngabila Salama, mengatakan bahwa kondisi Covid-19 di Jakarta masih terkendali.

“Tren kasus positif (Covid-19) sudah menurun dua minggu terakhir. Tren kematian, penggunaan tempat tidur di rumah sakit menurun seminggu terakhir. Kondisi terkendali,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Jumat (9/12/2022)

Ia menyatakan, dari 24 pasien yang terkena Covid-19 varian BN.1, sebesar 30 persen pasien tidak memiliki gejala, sedangkan 70 persen pasien lainnya mengalami gejala ringan.

“Semua isolasi mandiri di rumah sebagian besar sudah sembuh. Hanya 1 yang PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) lainnya transmisi lokal,” jelasnya.

Ngabila mengungkapkan, varian BN.1 pertama kali dideteksi di Jakarta sejak 10 Oktober 2022. Sementara itu, seminggu terakhir proporsinya lima persen dari total varian yang ditemukan di Jakarta dari hasil genome sequencing.

Atas hal itu, ia meminta agar warga tidak panik dengan hak tersebut dan melakukan pencegahan dengan cara yang sama dengan cara menghadapi Covid-19 lain pada umumnya.

“Apa pun variannya jangan panik, pencegahannya sama. Cegah sakit dengan disiplin bermasker, cegah kematian dan long covid dengan vaksinasi lengkap,” tandasnya. (jpc)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin