Berita Bekasi Nomor Satu

Megawati Temui Jokowi di Istana, 3 Jam Sesi Khusus Bicara Masalah Ini

Presiden Joko Widodo (berbaju putih) bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (18/3/2023). Foto: dokumentasi JPNN.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melakukan pertemuan empat mata dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, pertemuan dua tokoh itu dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (18/3/2023).

“Pertemuannya berlangsung dalam suasana akrab selama tiga jam dan diakhiri makan bersama,” ujar Hasto melalui layanan pesan ke media.

BACA JUGA: Jokowi Apresiasi Keputusan Megawati Siapkan Capres Internal PDIP

Politikus asal Yogyakarta itu menjelaskan dua jam pertama pada pertemuan Jokowi dan Megawati dilakukan secara khusus. Hasto menuturkan Megawati sebagai putri Presiden Pertama RI Bung Karno memiliki kenangan tersendiri soal kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

“Ibu Mega menunjukkan berbagai hal yang bersifat untold story kepada Presiden Jokowi, sekaligus menyampaikan bagaimana ide, pemikiran, gagasan, dan cita-cita Bung Karno bagi Indonesia dan dunia,” tutur Hasto.

Peraih gelar doktor ilmu geopolitik dari Universitas Pertahanan (Unhan) itu menjelaskan Presiden Jokowi dan Megawati pada pertemuan tersebut membahas sejumlah hal strategis dan berbagai persoalan bangsa.

BACA JUGA: Ini Alasan Megawati Tak Undang Parpol Lain di HUT PDIP

“Berbagai agenda strategis terkait kebijakan luar negeri menghadapi berbagai tantangan geopolitik, mendorong penguasaan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi, termasuk mewujudkan kedaulatan pangan, sebagai jalan Indonesia berdikari,” ujar Hasto.

Hal lain yang dibahas pada pertemuan itu ialah soal politik menuju pesta demokrasi tahun depan.

“Dalam pertemuan tersebut tentu saja dibahas berbagai hal penting terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024,” cerita Hasto.

BACA JUGA: 8 Elite Parpol Kumpul di The Darmawangsa Jakarta Selatan, Megawati Tak Diundang?

Selanjutnya, pertemuan itu diakhiri dengan makan siang bersama. Menurut Hasto, dirinya dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga ikut bergabung dalam santap siang bersama Presiden Jokowi dan Megawati tersebut.

“Bapak Presiden Jokowi mempromosikan sayur lodeh sebagaimana kegemaran Bung Karno, nasi goreng seafood, sup ayam kampung, dan tentu saja kerupuk khas Solo,” kata Hasto.

Sebelum pertemuan empat mata pada hari ini, persamuhan terakhir Megawati dengan Jokowi ialah pada 8 Oktober 2022 di  Istana Batutulis, Bogor. Pada pertemuan itu, kedua tokoh tersebut berdiskusi selama dua jam untuk membahas berbagai persoalan.(jpnn)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin