Berita Bekasi Nomor Satu

Erdogan Jadi Presiden Turki Lagi, Donald Trump Beri Ucapan Ini

Donald Trump mengucapkan selamat kepada Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya yang dinilai sangat layak dalam pemilihan presiden Turki putaran kedua pada Minggu (28/5/2023). (MANDEL NGAN / AFP)

RADARBEKASI.ID, NEW YORK – Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengucapkan selamat kepada Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya yang dinilai sangat layak dalam pemilihan presiden Turki putaran kedua pada Minggu (28/5/2023).

“Selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas kemenangan besarnya yang layak di Turki,” kata Trump dalam media sosial miliknya, Truth Social.

“Saya mengenal (Erdogan) dengan baik, dia adalah seorang teman. Saya mengetahui secara langsung betapa dia mencintai negaranya dan orang-orang hebat Turki, yang telah dia angkat ke posisi yang baru dan dihormati!” tulis Trump.

BACA JUGA: Erdogan Jadi Presiden Turki Lagi, Ini Periode Ketiga, Beda Suara Lima Persen dari Penantangnya

Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) mengumumkan bahwa Erdogan kembali terpilih menjadi Presiden Turki dalam pemilihan presiden putaran kedua.

Berbicara kepada wartawan di Ankara, Ketua YSK Ahmet Yener mengatakan bahwa Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turki atas penantang oposisi Kemal Kilicdaroglu.

Sejauh ini sudah 99,43 persen kotak suara dibuka. Menurut perhitungan yang masuk, tetapi belum disahkan, Erdogan meraih 52,14 persen suara, sementara Kilicdaroglu mendapatkan 47,86 persen suara.

Dalam pidatonya di Istanbul pada Minggu (28/5/2023) sore, Erdogan mengatakan 85 juta warga Turki adalah pemenang pilpres tahun ini.

BACA JUGA: Erdogan Gagal Raup 50 Persen Suara, Putaran 2 Pilpres Turki 28 Mei

Lebih dari 64,1 juta orang terdaftar sebagai pemilih, termasuk sekitar 1,92 juta orang yang berada di luar negeri yang sudah lebih dulu memberikan suaranya.

Hampir 192.000 kotak suara dipersiapkan di seantero Turki.

Pada putaran pertama 14 Mei lalu tidak ada calon presiden yang menembus ambang batas 50 persen suara sehingga Pilpres dilanjutkan ke putaran kedua, meski Erdogan mengantongi 49,52 persen suara. Pada hari itu, Aliansi Rakyat pimpinan Erdogan juga menjadi pemenang kursi mayoritas parlemen. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin