Berita Bekasi Nomor Satu

Viral, Waspada Duit Mutilasi Rp 100, Ini Ciri-cirinya

Uang seratus ribu rupiah.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Viral di media sosial soal munculnya fenomena uang mutilasi atau uang setengah asli dan setengah palsu. Adapun uang mutilasi yang beredar, yakni uang Rp 100 ribu.

Berdasarkan unggahan banyak akun di media sosial X, video uang mutilasi tersebut banyak beredar di grup-grup WhatsApp masyarakat.

“Nemu di group WA. Kemarin ada uang 2000 diwarnai biar jadi 20 ribu. Sekarang ada beginian. Hati-hati, mulai beredar uang 100ribu mutilasi, sebagian asli, bagian lainnya palsu,” cuit akun @InfosupprterID, dikutip Kamis (7/9/2023).

BACA JUGA: Viral, Emak-Emak Lempar Sandal ke Jokowi di Medan, Begini Alasannya

Adapun video uang mutilasi yang diunggah warganet sama. Bersuarakan seorang perempuan yang meminta berhati-hati serta menyebutkan ciri-ciri uang mutilasi.

“Ini contoh uang mutilasi, ada sambungannya,” kata seorang perempuan yang merekam video sembari menunjukkan bentuk uang Rp 100 ribu yang dimutilasi alias disambung uang palsu.

Lalu, disahut oleh seorang perempuan lain yang menyebut bahwa ciri lain dari uang mutilasi adalah nomor seri yang berbeda. Dia menyebut, seharusnya nomor seri dalam satu uang itu sama.

BACA JUGA: Viral, Tarik Uang Rp 100 Ribu di ATM, Keluar Uang Rp 50 Ribu dan Rp 2 Ribu

“Nomor serinya beda ini, antara nomor seri di sebelah kiri dan kanan uang,” ujar perempuan sembari menunjukkan lokasi nomor seri dalam selembar uang.

Dalam video yang beredar ini, perekam juga meyakinkan bahwa uang mutilasi adalah uang sambungan yang terdiri uang asli dan uang palsu.

“Jadi mutilasi itu setengah palsu setengah asli ya dan ini engga diterima di bank gaes,” tuturnya.

BACA JUGA: Viral Video Syur Mirip Syahnaz Durasi 8 Detik, Pakar Telematika Bilang Begini

Perekam video juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap uang mutilasi yang beredar tersebut.

“Hati hati ya buat teman-teman sekarang banyak nih, uangnya setengah palsu, setengah asli atau uang mutilasi,” tandasnya. (jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin