Berita Bekasi Nomor Satu

Ledakan Hebat di Bangkalan, 1 Tewas, Warga Melihat Benda Mirip Rudal Terbang Tinggi

Ledakan mortir di Desa Kamal, pihak berwajib mengamankan puing diduga mortir (Radar Bangkalan).

RADARBEKASI.ID, BANGKALAN – Ada ledakan hebat terjadi di Kecamatan Kamal, Bangkalan, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023). 1 orang tewas. Warga sempat melihat ada benda mirip rudal terbang tinggi.

Ledakan tersebut mengakibatkan 1 orang meninggal dunia, 2 orang luka berat, 2 orang luka ringan, serta satu orang sesak nafas atau trauma.

Mengutip dari Radar Bangkalan (Jawa Pos Group), saksi mengatakan ledakan pertama terjadi sekitar pukul 08.10 WIB di rumah seorang warga.

BACA JUGA: Data Terbaru, 13 Korban Ledakan Smelter di Morowali, 9 WNI, 4 WN Tiongkok

Saksi menyebut ada seorang yang diduga mencoba menggergaji mortir yang ditemukannya di laut Kamal beberapa hari sebelumnya.

“Saya lihat dia bawa mortir dari laut. Kayaknya mau dijual di tempat besi tua,” ucap Andi yang turut menyaksikan ledakan.

Tak lama berselang, sekitar lima menit setelahnya ledakan kedua terjadi saat masyarakat yang penasaran mendekati lokasi kejadian.

BACA JUGA: Pasangan Suami Istri Alami Luka Bakar Kena Ledakan Tabung Gas 3 Kilogram di Medansatria

Mortir yang tersisa pun meledak dan meluncur ke udara sehingga warga yang melihatnya berteriak dan berlari menjauh.

“Benda itu terbang tinggi sekali, kayak rudal. Saya kira mau jatuh ke rumah saya. Untungnya, rudal itu jatuh ke laut. Kalau nggak, bisa-bisa ada ledakan lagi,” kata Misna, warga yang melihat mortir tersebut terbang di atas rumahnya.

Pihak berwajib yang mendapatkan laporan masyarakat setempat mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan penyelidikan. Selain itu, juga membawa sisa mortir yang ada di reruntuhan.

BACA JUGA: AC Ruang Sekda Kota Bekasi Terbakar, Sempat Ada Ledakan, Begini Kondisinya

Pihak berwajib juga akan menyelidiki asal-usul mortir ini dan bagaimana bisa sampai di laut Kamal.

Kejadian ini menjadi peringatan bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati jika menemukan benda-benda yang dianggap berbahaya, terutama yang berhubungan dengan bahan peledak.

Jika menemukan benda seperti itu, sebaiknya segera melapor kepada pihak berwajib dan tidak mencoba mengutak-atiknya sendiri.

BACA JUGA: Ledakan Tangki, Ratusan KK Terdampak

Mengutip dari Antara, Polda Jawa Timur menerjunkan Tim Pasukan Penjinak Bom (Gegana) ke lokasi kejadian dan tiba pada pukul 10.58 WIB. Selain itu, dua unit mobil pemadam juga diterjunkan ke lokasi kejadian.

“Masyarakat diminta untuk tidak mendekat dan tim masih melakukan penyelidikan di sana,” kata Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya.

Ia pun menuturkan jika ledakan tersebut terdengar dua kali hingga radius sekitar satu kilometer lebih.

Akibat lokasi kejadian ledakan dekat dengan Pelabuhan Kamal, arus lalu lintas dari Kota Bangkalan menuju Pelabuhan Kamal lumpuh. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin