Summarecon Crown Gading Bakal Memberikan Beragam Manfaat

PEMAPARAN: President Director PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi memaparkan mengenai Summarecon Crown Gading di Marketing Gallery Summarecon Crown Gading, Rabu (12/10). ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI Summarecon Crown Gading bakal memberikan beragam manfaat. Selain bagi masyarakat, juga Kabupaten Bekasi serta negara Indonesia melalui penciptaan lapangan kerja dan  pertumbuhan ekonomi di daerah maupun secara nasional.

Summarecon Crown Gading merupakan kawasan baru seluas 437 hektar di Utara-Timur Jakarta yang dikembangkan oleh Summarecon bersama Duta Putra Land melalui skema kerjasama joint venture. Kawasan ini terletak di wilayah Kelurahan Setia Asih Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Summarecon Crown  Gading merupakan pengembangan kawasan berskala kota yang ke-8 oleh Summarecon, setelah Kelapa Gading, Serpong, Bekasi, Bandung, Karawang, Makassar dan Bogor.


President Director PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi mengungkapkan, Summarecon memiliki misi yang baru pada 2021. Yakni, “Menciptakan terobosan inovasi perkotaan yang dapat meningkatkan nilai ekonomi dari sekeliling kami, membangun tim yang berkomitmen, adaptif dan fokus pada menyajikan nilai untuk pelanggan, serta aktif berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan”.

“Itu artinya kenapa kita sekarang meluncurkan satu proyek township yang baru yaitu Summarecon Crown Gading. Ya tentunya yang paling utama kita ingin berkontribusi dalam meningkatkan nilai ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya masyarakat di daerah sini maupun secara nasional,” tutur Adrianto.


Hal itu disampaikan Adrianto  dalam acara media preview Summarecon Crown Gading di Marketing Gallery Summarecon Crown Gading, Rabu (12/10/2022). Seperti halnya di beberapa kawasan Summarecon lainnya, Adrianto sangat yakin, Summarecon Crown Gading mampu memberikan suatu wadah ekonomi yang akan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan Bekasi pada umumnya serta berkontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Sesuai survei dan riset yang pernah dikembangkan Summarecon bersama Real Estate Indonesia, industri properti memiliki efek pengganda karena akan menggerakkan 174 subsektor industri baik secara langsung maupun tidak langsung. Industri properti mampu menarik dan mendorong kegiatan di berbagai sektor ekonomi mulai dari jasa, bahan bangunan, hingga mempengaruhi perkembangan sektor keuangan, serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.

Dampak terciptanya lapangan kerja telah dirasakan oleh sebagian warga sekitar kawasan Summarecon Crown Gading yang berada di Kelurahan Setia Asih Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi.

Lurah Setia Asih Dede Firmansyah mengungkapkan, sejak awal pihaknya sudah meminta pengembang agar dapat memprioritaskan pekerja proyek dari warga sekitar. Ia bersyukur hal itu sudah dipenuhi.

Dede yakin, akan banyak warganya yang bekerja jika kawasan sudah terbangun. “Alhamdulillah sudah banyak yang direkrut bekerja menjadi keamanan, kebersihan, tukang bangunan, maupun tukang parkir,” ungkap Dede melalui sambungan selulernya, Rabu (19/10/2022).

Setia Asih awalnya merupakan desa, kemudian pada 2020 resmi berubah menjadi kelurahan. Sekarang ini, banyak developer kecil maupun besar yang membangun proyeknya di wilayah dengan jumlah penduduk 40 ribu jiwa tersebut.

Dede berharap, selain lapangan kerja Summarecon Crown Gading bisa memberikan banyak dampak positif lainnya. “Mudah-mudahan adanya Summarecon Crown Gading bisa meningkatkan perekonomian dan Kelurahan Setia Asih semakin maju,”  ungkapnya.

Sementara, Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengungkapkan, Summarecon Crown Gading diharapkan bisa menjadi bapak asuh bagi wilayah sekitar.

“Harus bisa menjadi bapak asuh seperti memiliki desa binaan,” ungkapnya, Kamis (20/10/2022).

Pj Dani optimistis, kehadiran Summarecon Crown Gading yang akan mengembangkan hunian dan ruang usaha bisa meningkatkan capaian PAD Kabupaten Bekasi yang secara otomatis berimbas terhadap pertumbuhan ekonomi. PAD baik dari sisi penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Hotel, Pajak Parkir, Pajak Penerangan Jalan, maupun Pajak Hiburan. (oke)