Berita Bekasi Nomor Satu

Verfak Partai Prima Tak Berjalan Mulus  

VERFAK: Tim Verifikasi KPU dan Bawaslu Kabupaten Bekasi saat melakukan verifikasi faktual keanggotaan secara door to door terhadap 282 sampling. ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengurus Partai Prima kembali harap-harap cemas. Itu setelah tahapan verifikasi faktual (verfak) yang berlangsung di Kabupaten Bekasi tak berjalan mulus.

 

Tim verifikator dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Bekasi yang bekerja sejak awal pekan lalu, tidak menemukan beberapa pengurus DPK Partai Prima saat melakukan verifikasi faktual keanggotaan secara door to door terhadap 282 sampling.Kendati demikian, KPU Kabupaten Bekasi belum bisa memastikan verifikasi DPK Partai Prima memenuhi syarat apa tidak.

 

“Sekarang masih proses di input dari sistem informasi partai politik (Sipol). Dari hasil verifikasi faktual keanggotaan sebanyak 282 secara door to door, ada beberapa yang tidak ditemukan PKN. Tapi jumlahnya nggak banyak,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bekasi, Abdul Harits, kepada Radar Bekasi, Selasa (4/4/2023).

 

Misalkan hasil verifikasi faktual keanggotaan ini belum memenuhi syarat, kata Harits, akan ada verifikasi faktual perbaikan yang berlangsung pada 7 sampai 14 April 2023. Nanti, pengurus DPK Partai Prima menyerahkan dokumen verifikasi faktual perbaikan ke provinsi setelah dicek kembali oleh KPU RI.

BACA JUGA: Partai Prima Mulai Lakoni Verfak

“Nanti akan diperiksa secara administrasi memenuhi syarat apa tidak sebelum diserahkan ke KPU RI. Lalu antara 21 atau 22 April penetapan akhir,” katanya.

 

Menyikapi itu, Ketua DPK Partai Prima Kabupaten Bekasi, Edi Junaedi menuturkan, dari verifikasi awal jaraknya cukup lama, sehingga banyak kesibukan masing-masing pengurus. Menurutnya, bukannya tidak bisa ditemukan.

 

“Dari 282 sampling, yang tidak memenuhi syarat 77, tapi sudah di cover oleh solusi yang terakhir pembuatan video, itu sudah dilaksanakan dengan jajaran anggota saya,” ucapnya.

 

Menurutnya, perwakilan Bawaslu dan KPU sudah hadir ke kantor partainya dan melakukan pleno. Berdasarkan versi dari Bawaslu dan KPU, partainya dinyatakan sudah lolos untuk verifikasi, baik kepengurusan maupun keanggotaan. Namun demikian pada 10 April 2023, masih ada perbaikan.

 

“Saat ini sudah dinyatakan lolos, tapi nanti tanggal 10 ada perbaikan lagi dengan anggota yang baru,” jelasnya. (pra)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin