Berita Bekasi Nomor Satu

4 Negara Ini Masuk Babak Semifinal Piala Asia 2023 Qatar, Lihat Jadwal Pertandingannya

Timnas Korea Selatan yang merayakan kemenangan atas Australia di perempat final Piala Asia 2023 Qatar (Sumber Foto : afc asian cup)

RADARBEKASI.ID, QATAR – Piala Asia 2023 Qatar memasuki tahap Semifinal. Ada 4 negara bakal berlaga berebut tiket ke final untuk merengkuh trofi juara.

4 negara masuk ke babak Semifinal itu, Jordania, Korea Selatan, Iran dan Qatar. Tim raja asia, Jepang yang digadang-gadang sebagai tim kuat, justru tersingkir dikalahkan Iran di babak perempat final.

Kekalahan Jepang di perempat final menggagalkan prediksi yang mengatakan, Tim Samurai Biru akan bertemu dengan Tim Taeguk Warriors (julukan Timnas Korea Selatan) di Final Piala Asia 2023.

BACA JUGA: STY Ungkap Alasan Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia Lawan Australia di Piala Asia 2023 Qatar

Babak Semifinal Piala Asia akan dimulai pada Selasa 6 Februari dan Rabu 7 Februari 2024. Laga ini akan disiarkan secara langsung di iNews dan RCTI serta Live Streaming melalui Vision+.

Berikut ini ulasan dua pertandingan yang akan dimainkan di Semifinal seperti yang dikutip melalui AFC Asian Cup.

Jordania vs Korea Selatan

BACA JUGA: Timnas Indonesia Belum Beruntung, Ditekuk Australia 0-4 Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar

Di Semifinal Piala Asia 2023 The Chilvarous, julukan Timnas Jordania, akan menantang Taeguk Warrior julukan Timnas Korea yang telah menjuarai kompetisi Piala Asia sebanyak dua kali di tahun 1956 dan 1960.

Jordania menjadi tim debutan yang baru melangkahkan kakinya pertama kali di babak semifinal Piala Asia. Sejak keikutsertaan di tahun 2004 pencapaian terbaiknya adalah lolos ke perempat final.

The Chilvarous lolos ke Semifinal usai mampu mengalahkan Tajikistan dengan gol semata wayang yang tercipta dari gol bunuh diri lawan.

BACA JUGA: Terima Kasih Kyrgyztan, Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar, Bakal Duel Lawan Australia

Sedangkan tim Taeguk Warriors maju ke Semifinal usai kemenangan dramatis didapatkan atas Australia dengan skor 2-1.

Tim Taeguk Warriors selalu selamat dari lubang kekalahan dengan kebangkitan di babak penambahan waktu, mereka tertinggal sepanjang waktu tapi bisa menyamakan kedudukan di menit akhir 90+6 yang menyeret Australia ke babak Extra Time.

Son Heung Min mampu bertindak sebagai penyelamat dengan mencetak gol di babak Extra Time yang mengantarkan Korea Selatan ke babak Semifinal dengan kemenangan 2-1.

BACA JUGA: Tantang Australia di Piala Asia 2023 Qatar, STY Sebut Peluang Menang Timnas Indonesia Segini

Pertemuan Jordania dan Korea Selatan bukan yang pertama kali di Piala Asia 2023 Qatar, mereka sudah bertemu lebih dulu di babak penyisihan grup E yang kala itu skor akhir berimbang dengan 2-2.

Laga ini akan dimainkan pada Selasa 6 Februari 2024 Pukul 22.00 di Ahmed bin Ali Stadium.

Iran vs Qatar

Tuan rumah Qatar yang merupakan juara bertahan Piala Asia akan ditantang Iran yang telah menjuarai Piala Asia 3 kali.

BACA JUGA: Indonesia vs Australia Piala Asia 2023 Qatar Malam Ini, Bukan Duel David vs Goliath 

Laga ini akan dimainkan di Al Thumama Stadium pada Rabu 6 Februari 2024 Pukul 22.00 WIB

Qatar yang melangkah ke Semifinal usai menang dramatis melalui adu penalti melawan Uzbekistan di perempat final yang akhirnya dimenangkan oleh The Maroons, Meshaal Barsham kiper dari Qatar berhasil menjadi penyelamat dengan menahan tiga tendangan penalti dari pemain Uzbekistan. Hasil akhir 1(3)-1(2) untuk kemenangan tuan rumah.

Sedangkan Iran juga tak kalah dramatis yang mampu mengalahkan juara 5 kali Piala Asia Jepang dan juga negara yang difavoritkan menjadi juara Piala Asia di tahun ini.

BACA JUGA: Kalahkan Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar, Jepang Masuk Neraka

Kemenangan itu didapatkan dari hadiah penalti di menit injury time yang diberikan oleh Iran akibat pemainya Hossein Konani dilanggar oleh Ko Itakura di kotak terlarang.

Alireza Jahanbakhs yang mengeksekusi penalti tak menyiakan peluang dengan mampu menjebol gawang Jepang dan mengubah skor jadi 2-1.

Keunggulan tersebut bertahan untuk Iran hingga peluit dibunyikan dan membawa Iran sampai ke Semifinal Piala Asia 2023 Qatar.

Jadwal Lengkap Semifinal Piala Asia 2023 Qatar

Jordania vs Korea Selatan

Selasa, 6 Februari 2024.  Pukul 22.00 WIB. Ahmed bin Ali Stadium.

Iran vs Qatar

Rabu, 7 Februari 2024. Pukul 22.00 WIB. Al Thumama Stadium.

(jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin