Berita Bekasi Nomor Satu

Begini Kunci Sukses Musrenbang Tahun 2024 Versi Ketua DPRD Kota Bekasi

Ketua DPRD Kota Bekasi Saifuddaulah saat membuka Musrenbang Kota Bekasi Tahun 2024, Rabu (1/3/2023). Foto ist.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ketua DPRD Kota Bekasi Saifuddaulah menyampaikan lima kunci kesuksesan perencanaan pembangunan Kota Bekasi.

Dalam pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Bekasi Tahun 2024, Saifuddaulah merinci kelima kebijakan tersebut, yaitu tepat sasaran, akuntabel, transparan, sesuai prinsip good governance dan kebutuhan masyarakat.

“Program pembangunan itu harus berpijak pada penguatan fungsi Pemerintah melalui reformasi birokrasi dan transformasi layanan berbasis digital serta penguatan kualitas manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan yang inklusif dan merata,” ungkap Saifuddaulah, Rabu (1/3/2024).

BACA JUGA:Tanggul Kali Jatimakmur Jebol dan Longsor, Ketua DPRD Kota Bekasi Bilang Begini

Saifuddaulah memaparkan, program penguatan yang harus direncanakan di antaranya penambahan serta perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, termasuk peningkatan jaminan mutu bagi tenaga pendidik.

“Anggaran dan program peningkatan mutu serta kompetensi tenaga pendidikan harus ditingkatkan. Sehingga pendidikan di Kota Bekasi lebih berkualitas dan semakin kompeten,” ujar Saifuddaulah.

Selain itu, imbuh Saifuddaulah, peningkatan ketahanan kota melalui penguatan kualitas pelayanan dasar infrastruktur dan lingkungan harus terus dioptimalkan. Termasuk peningkatan kekuatan dan kemantapan perekonomian kota melalui kemudahan berusaha di sektor jasa, perdagangan, industri dan usaha kecil alternatif berbasis ekonomi kerakyatan.

BACA JUGA: Ketua DPRD Kota Bekasi Dorong Penerapan Kurikulum Merdeka

“Puskemas dan prasarananya di tiap kelurahan harus segera diwujudkan, sebagai jaminan layanan kesehatan masyarakat. Serta meningkatkan layanan pemenuhan air bersih dan aman,” papar Saifuddaulah lagi.

Terkait persoalan banjir, Saifuddaulah mengingatkan sesuai amanah Perda No. 6 Thn 2020 tentang Sistem Drainase, maka harus dianggarkan untuk upaya pencegahan dan penanggulangan banjir di Kota Bekasi.

“Termasuk pendirian atau pembangunan kantor sektor Damkar di tiap Kecamatan sebagai amanah Perda 15 tahu 2022 tentang pencegahan, penanggulangan dan penyelamatan kebakaran,” tambah Saifuddaulah.

BACA JUGA: Ketua DPRD Kota Bekasi Reses ke SDN 5 Jatibening Baru, Ini Pesannya

Terakhir, Ketua DPRD Kota Bekasi ini mengingatkan seluruh peserta Musrenbang agar meningkatkan kepedulian kepada RT/RW serta posyandu atau kader kesehatan sebagai garda terdepan pelayanan masyarakat.

“Saya berharap agar perlu peningkatan anggaran dana operasional RT RW dan Posyandu (kader kesehatan) sebagai bentuk perhatian serta apresiasi karena mereka adalah garda terdepan dalam melayani masyarakat,” pungkas Saifuddaulah. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin